5 Kekuatan Besar Singapura Yang Patut Diwaspadai Indonesia

Singapura adalah sebuah negara kecil yang berada di antara Indonesia dan Malaysia. Meski kecil, negeri ini memiliki banyak sekali kekuatan yang sangat hebat. Bahkan, kekuatan Singapura ini bisa membuat negara ini menjadi paling kuat di Asia Tenggara. Bahkan Indonesia bisa kalah dengan pencapaian dari Singapura yang luar biasa.

Inilah lima kekuatan dari Singapura yang harus diwaspadai Indonesia atau bahkan dicontoh. Mari kita kupas satu per satu kekuatan dari Singapura yang sangat hebat itu. Mari simak ulasan dari 5 kekuatan negara singapura yang wajib diwaspadai indonesia.

Kekuatan Militer

Kekuatan Militer dari Singapura termasuk yang terkuat di dunia. Setidaknya dari 120-an negara negara ini berada di posisi 26. Singapura memiliki setidaknya 72.000 tentara aktif dan 950.000 tentara cadangan yang bisa digunakan untuk melindungi kedaulatan negaranya.

Singapura memiliki 2.192 Armored Fighting Vehicle yang sangat canggih. Jumlah ini sangat banyak jika dibandingkan dengan Indonesia yang hanya memiliki 1.089. Selain itu dana yang dikeluarkan pemerintah Singapura untuk pertahanan negaranya mencapai 9,7 miliar dolar, sementara itu Indonesia hanya memiliki sekitar 6,9 miliar dolar padahal wilayahnya jauh lebih luas.

Kekuatan Pendidikan

Singapura memiliki dua universitas terbaik di Asia, universitas itu adalah National University of Singapore dan Nanyang Technological University. Universitas itu berada jauh di atas universitas di Indonesia seperti UI, ITB, atau pun UGM. Padahal jika dilihat dari luas wilayah dan sumber daya manusia, Singapura tidak ada seujung kuku dari Indonesia.

Mirisnya lagi, banyak pelajar dari Indonesia memilih untuk melanjutkan kuliah di negeri kecil ini. Mereka menganggap jika kampus di negeri ini memiliki kualitas lebih baik. Bahkan membuat mereka bisa diterima di perusahaan mana saja di seluruh dunia.

Kekuatan Perdagangan

Singapura adalah negara yang dijadikan lalu lintas perdagangan di dunia. Bahkan banyak barang impor dan ekspor Indonesia harus melalui pelabuhan-pelabuhan di negeri ini. Hal ini membuktikan jika kekuatan perdagangan di Singapura bagus. Bahkan bisa lebih bagus dari Indonesia yang notabene merupakan negara terbesar di Asia Tenggara.

Singapura adalah negara yang menjadi pusat belanja. Banyak sekali produk-produk berkelas dari penjuru dunia ada di negeri ini. Akhirnya banyak orang dari Indonesia yang justru datang ke Singapura untuk belanja dan menghabiskan uang. Mereka tidak mau berbelanja di Indonesia karena menganggap benda-benda yang ada di sini tidak berkualitas.

Kekuatan Pariwisata

Dalam setahun, Indonesia hanya mampu menarik 6-7 juta turis dari mancanegara. Jumlah ini hanya separuh dari turis yang datang ke Singapura. Pada tahun 2015, Singapura mampu mendatangkan 15 juta turis asing dari berbagai daerah di dunia. Bahkan Indonesia juga penyumbang terbanyak turis yang datang ke Singapura.

Negeri ini memiliki banyak sekali tempat wisata yang sangat indah. Salah satu yang terkenal adalah landmark patung Merlion. Universal Studio yang terkenal juga ada di Singapura. Selanjutnya resort seperti Sentosa juga menjadi incaran banyak sekali turis dari berbagai negara.

Indonesia sebenarnya memiliki lebih banyak objek wisata daripada Singapura. Hanya saja pengelolaannya tidak dilakukan dengan baik. Jika ke depannya pariwisata di Indonesia tidak segera diperbaiki, bukan tidak mungkin turis yang datang ke Indonesia bisa dicuri Singapura.

Kekuatan Olahraga

Singapura memiliki penduduk sekitar 5,5 juta jiwa, Indonesia memiliki penduduk lebih dari 250 juta jiwa. Sederhananya penduduk di Singapura dengan Indonesia memiliki perbandngan 1:50. Namun untuk masalah prestasi olahraga, Indonesia masih kalah jauh dengan negeri yang pernah menjadi koloni dari Inggris ini.

Bukti dari kehebatan Singapura di bidang olahraga nampak pada hasil SEA Games yang terjadi 2015 lalu. Saat event olahraga terbesar se Asia Tenggara ini, Indonesia hanya berada di posisi 4 di bawah Singapura yang ada di posisi 2. Indonesia kala itu hanya mendapatkan 47 emas sementara Singapura 84 emas. Miris sekali bukan?

Lima hal ini adalah hal yang patut diperhatikan Indonesia. Ke depannya mungkin Singapura akan terus berkembang dan meninggalkan Indonesia  yang semakin terbelakang. Bagaimana pendapat anda? Bisakah negeri ini melampaui pencapaian dari Singapura yang secara fakta adalah negeri kecil dan tak ada apa-apanya dengan Indonesia.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola