5 Kebudayaan Kuno Yang Terlupakan Oleh Umant Manusia di Dunia

Kami telah mempelajari budaya kuno milik Mesir, Roma, Yunani, dengan budaya kuno kepulauan Indonesia dalam buku pelajaran sejarah. Dengan membaca itu semua, kita akan tahu apa jenis tatanan budaya dan interaksi sosial yang pernah ada. Oh ya, dengan mempelajari sejarah kita juga akan tahu bagaimana budaya di masa lalu menjadi punah atau berubah menjadi sesuatu budaya baru di masa depan.

Namun, tidak semua budaya kuno yang penting di masa lalu ditulis dengan baik dalam buku ini. Banyak kebudayaan kuno yang hanya hilang dan terlupakan manusia. Bahkan, kehadiran mereka dapat digunakan untuk mempelajari perkembangan umat manusia dari waktu ke waktu. Untuk itu, Boombastic akan mencoba untuk menunjukkan lima budaya kuno telah melupakannya. Mari kita kupas satu per satu di 5 kebudayaan kuno yang dilupakan umat manusia di dunia.

Budaya Indo-Yunani

Indo-Yunani adalah sebuah kerajaan yang terletak di bagian utara India dan meliputi area seluas Pakistan, Afghanistan, India, dan Turkmenistan. Raya masih dipengaruhi oleh kebudayaan Yunani kuno didirikan pada 180 SM dan runtuh pada tahun 10 Masehi. Selama hampir 200 tahun pemerintahan, kerajaan telah membawa banyak perubahan besar di dunia.

Raja yang paling terkenal di kerajaan ini bernama Menander. Dia Buddha setelah perdebatan panjang dengan seorang filsuf bernama Nagasena. Oh ya, kerajaan ini menghasilkan banyak seni, khususnya arsitektur seperti yang ada di Yunani. Dalam budaya Indo-Yunani, sistem uang yang sudah diketahui, bahkan mereka dicetak dari bahan logam.

Budaya Maurya

Budaya Maurya ada sekitar tahun 332-185 SM. Ketika Kekaisaran Maurya mulai menyerang sekarang dan banyak wilayah di India. Sebelum hal ini terjadi, Chandragupta Maurya harus menunggu Alexander Agung runtuh pertama. Ketika Alexander wisuda besar, Chandragupta mulai melebar kekuasaan dan kontrol dari India di penuh pada usia masih berusia 20 tahun.

Dia adalah pemimpin yang sangat kuat. Bahkan, banyak perang umum sekum Makedonia dikalahkan dengan sangat mudah. Dalam masa pemerintahannya, Chandragupta dikenal sangat hati-hati. Dia selalu membuat birokrasi berjalan dengan baik sampai kudeta terganggu segalanya. Ketika ini terjadi, orang-orang Yunani kuno mulai menyerang bagian utara India.

Budaya Tuwana

Tuwana adalah salah satu kerajaan yang paling dilupakan dan budaya di dunia. Meskipun budaya ini dikenal untuk menjadi besar di masa lalu dan akrab dengan sistem perdagangan, sistem masyarakat dengan budaya dalam bentuk arsitektur. Tuwana hadir di dunia ini untuk serarus tahun sejak BC abad ke-9 sampai ke-8.

Ketika saya menjadi kerajaan besar, Tuwana menghubungkan dua kerajaan besar bernama Frigia dan Asyur. Dua perdagangan negara ini harus melalui Tuwana sampai mereka memakai semacam pajak. Hal ini membuat negara Tuwana menjadi sangat kaya. Kehebatan Tuwana ini akhirnya ditargetkan oleh negara-negara lain sampai kerajaan hancur dan dilupakan dalam sejarah. Bahkan di era modern seperti sekarang akan sangat sulit untuk menemukan data yang terkait dengan budaya ini.

Yuezhi

budaya Yuezhi dikenal sebagai salah satu yang menikmati berkelahi dengan kerajaan lainnya. Dinasti terletak di China utara sering sekali menyerang Eropa dan Asia dalam rangka untuk memperoleh banyak keuntungan. Yuezi juga merupakan pusat perdagangan antara Cina dan kerajaan lain di dunia.

Yuezi juga telah diserang hingga dataran India ketika wilayah ini didominasi oleh Baktria-Yunani. Kemenangan dimiliki oleh Yezi secara bertahap hancur setelah kerajaan besar Persia mulai memerintah wilayah tersebut sebagai India, Pakistan, serta Iran modern.

Aksum

Aksum ini bisa dibilang salah satu dari empat kerajaan besar sepanjang masa bersama Roma, Cina dan Persia. Sayangnya, kebesaran ini harus menghilang setelah perekonomian negara ambruk dalam penguasaan buntut dari Laut Merah oleh suku-suku di jazirah Arab. Dinasti yang sudah ada sejak abad ke-3 akhirnya menghilang.

Ketika dibentuk Aksum hanya sebuah kerajaan kecil di wilayah Ethiopia. Namun kebesaran dalam hal perdagangan membuat mereka mendominasi wilayah Afrika menyebar ke Laut Merah dan Arab. Hal ini terjadi ketika akhir kerajaan Islam mulai masuk ke Afrika. Bahkan tahta kabarnya diserahkan kepada orang-orang dari Nabi Muhammad.

Ini adalah lima budaya yang paling berpengaruh di dunia tapi dilupakan oleh umat manusia. Keberhasilan mereka di masa lalu adalah prestasi besar bangsa pada misi untuk menaklukkan dunia. Dan harus diingat dalam waktu dekat.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Tag : Fakta
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola