5 Hal Konyol Bisa Terjadi Jika Indra Penciuman Manusia Tak Ada

Salah satu panca indera yang sering kali dilupakan adalah indera pembau. Hal ini terjadi karena banyak orang merasa tak begitu membutuhkan indera pembau sebanyak membutuhkan indra penglihatan dan pendengar. Padahal, indera pembau juga merupakan bagian yang penting dalam hidup hingga jika kehilangan hal ini akan membuat kita jadi kesusahan.

Berikut lima hal gila yang akan terjadi jika indra penciuman hilang. Mungkin awalnya sih bisa biasa saja, namun lama-lama kamu bisa menderita. Coba deh simak di uraian 5 hal gila klau indra pembaumu hilang.

Bermasalah dengan Orang Sekitar

Salah satu gangguan yang menyebabkan seseorang tidak bisa merasakan bau adalah anosmia. Gangguan ini benar-benar mematikan sense merasakan bau dan membuatmu tak merasa terganggu meski berada di dekat tumpukan sampah. Gangguan anosmia lambat laun akan mulai menjadi masalah jika diketahui oleh orang di sekitar, terutama teman-teman yang ada di lingkungan sekolah atau kampus.

Tanpa merasa kasihan, mereka pasti akan membuat guyonan seperti ini: kalau aku kentut di depan di depan mukamu nggak akan bau kan? Hal-hal seperti ini akan menjadi masalah. Bahkan ada yang berlanjut pada tindakan bully. Gangguan seperti ini bukan untuk ditertawakan atau dibuat lelucon.

Bermasalah dengan Sanitasi Tubuh

Bau badan adalah salah satu indikator yang bisa menunjukkan apakah seseorang memiliki sanitasi baik atau tidak. Bau badan yang menyengat adalah hal yang tidak menyenangkan bagi seorang penderita anosmia. Pasalnya mereka tidak akan bisa membaui badan mereka yang bau meski orang lain sudah mulai terganggu.

Orang dengan gangguan anosmia biasanya suka “parno” dengan bau tubuhnya. Mereka akan rajin mandi atau menyemprotkan banyak pewangi pada tubuhnya. Hal ini dilakukan agar bau badan yang menyengat tidak mengganggu orang lain yang ada di sekitarnya. Jika sampai bau badan tetap ada, maka ia akan dianggap tidak mandi atau memiliki pola hidup yang sangat jorok hingga bau badannya terus menguar.

Makanan Menjadi Sesuatu yang Mengerikan

Seseorang yang mengalami anosmia akan kehilangan 75% kemampuannya untuk merasakan makanan. Coba bayangkan kamu sedang memakan apel yang manis namun mendadak rasanya tawar seperti mengunyah styrofoam. Atau sedang minum es jus mangga yang asam manis namun hanya terasa seperti air tawar yang kental. Mengerikan sekali bukan?

Kamu mungkin pernah merasakan gangguan ini saat flu. Biasanya orang yang sedang flu dan indra pembaunya tak berfungsi dengan baik, apa saja yang dimakan jadi tidak enak. Akhirnya kamu memilih tidak makan dan banyak minum air. Seorang dengan gangguan ini sejak lahir atau karena operasi di hidung mengalaminya seumur hidup. Makanan adalah hal yang penting karena merupakan sumber energi. Jika seseorang tidak makan karena tidak bisa merasakan rasa, maka ia bisa jadi seseorang yang sangat kurus dan mengalami malnutrisi.

Tidak Bisa Merasakan Adanya Bahaya

Indera pembau adalah indera yang bisa dimanfaatkan untuk mengetahui hal-hal yang tak diketahui mata dan telinga. Biasanya berupa partikel gas yang tak memiliki warna. Seseorang yang tidak bisa merasakan bau bisa mengamati bahaya misal ada saluran gas yang bocor dan akan meledak dengan mengerikan jika terkena satu percikan api. Orang yang tidak bisa membaui sesuatu akan menganggap jika bau aneh sama halnya udara yang ia hidup.

Selain itu, seorang yang tidak bisa merasakan bau tidak akan tahu apakah makanan yang akan dimakan masih bagus. Kadang makanan menimbulkan bau yang tidak sedap meski secara penampakan tidak berubah. Selain itu mereka juga tidak bisa membedakan mana rasa makanan yang masih bagus atau makanan yang sudah basi. Jika hal ini terjadi kamu bisa terkena gangguan perut setiap hari.

Bisa Mengalami Depresi

Hal paling mengerikan dan gila yang bisa dirasakan seseorang saat tidak bisa membaui sesuatu adalah depresi. Situasi depresi bisa dialami oleh seseorang yang mendadak kehilangan indera pembau padahal sebelumnya tidak pernah ada gangguan. Bagi orang yang mengalami gangguan ini akibat anosmia sejak kecil mungkin sudah terbiasa dan bisa menyesuaikan diri dengan keadaannya.

Seorang yang kehilangan indera pembaunya akan merasa jika hidupnya telah berubah dengan sangat drastis. Urusan makan yang jadi tidak mengenakkan, masalah sanitasi tubuh, hingga olokan orang lain bisa membuat mereka berpikir terlalu keras. Akibatnya, depresi akan terjadi secara perlahan-lahan. Sesuatu yang awalnya hanya berurusan dengan bau mendadak jadi sangat kompleks kan?

Inilah lima hal gila yang bisa terjadi jika kamu kehilangan indera pembau. Mengerikan sekali bukan? Sekarang kita tahu jika semua panca indera di tubuh sangat berharga. Kekurangan satu indera saja bisa membuat kita semua mengalami gangguan pada hidup.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
LensaTerkini
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola