5 Fakta Tentang Persia, Bangsa Paling Jumawa di Dunia

Ketika membahas tentang bangsa-bangsa kuno yang paling mulia, nama Persia jarang disebutkan. Bahkan, dilihat dari aksinya, Persia adalah bangsa yang besar dengan wilayah yang tidak kecil. Pada masa jayanya, bangsa ini bisa menaklukkan sebagian besar Asia dan bahkan ke Afrika.

Tidak hanya tentang sejauh mana kekuasaan, di zaman keemasan Persia banyak hal-hal besar yang dibuat dan beberapa untuk menjadi yang pertama di dunia. Sayangnya, semua kemajuan dan kemakmuran akhirnya berhasil perlahan dirusak oleh banyak negara. Mulai dari invasi Alexander Agung sampai ditaklukkan oleh kerajaan Muslim.

Meskipun aksinya di seluruh dunia tidak lama, tapi banyak hal yang ditinggalkan oleh Persia bagi kita. Berikut adalah kebesaran Persia yang akan membuat Anda kagum. Mari simak ulasan dari 5 fakta menarik bangsa persia, bangsa paling jumawa di dunia.

Persia Adalah Bangsa Pertama Pengagas HAM

Kuno bangsa biasanya dikenal Kemasyarakatan sistem Yang masih primitif. Perbudakan, sikap penguasa absolut, sampai adanya strata yang membedakan kasta manusia. Berbicara tentang hak asasi manusia di masa lalu tampak seperti omong kosong yang tidak mungkin terjadi. Meskipun mayoritas masyarakat kuno seperti itu, tapi itu telah lama akrab dengan Persia Hak Asasi Manusia.

Sistem yang mengatur hak asasi manusia yang terkandung dalam peninggalan mereka bernama Cyrus Cylinder. Di dalamnya ada aturan tentang kesetaraan bagi semua ras, kebebasan beragama dan soal bahasa, serta memberikan kesempatan bagi para budak dan orang asing untuk kembali ke tanah air mereka. Suatu hal yang benar-benar keren tentu saja. Mungkin juga bahwa ini adalah asal dari hak asasi manusia di masa depan.

Bangsa Pertama Penemu Kincir Angin

Dari sekian banyak penemuan yang telah dibuat, kincir angin merupakan temuan yang bisa dibilang fundamental. Alasannya, tentu saja, karena fungsinya sangat beragam. Bahkan sekarang, energi listrik terbatas dapat dibuat dari alat ini. Bahkan, pabrik pertama kali ditemukan oleh Persia.

Persia dianggap yang pertama merancang bentuk kincir angin vertikal seperti sekarang. Kemudian entah bagaimana cerita bahwa desain ini akhirnya menyebar ke seluruh dunia. Sama seperti kebanyakan orang, warga Persia digunakan kincir angin untuk menggiling hasil pertanian mereka untuk memompa air.

Persia Jadi Bangsa Pertama yang Membangun Jalan Terpanjang

Sastra Persia yang dikatakan dalam banyak pertama bangsa untuk membangun jalan raya terpanjang. Tercatat, jalan ini dibangun dari Sardis di Turki, hingga Susa di Iran. Jarak sendiri mencapai sekitar 2.699 kilometer. Pemrakarsa adalah Darius I, raja Persia yang membawa bangsa ini ke puncak kemuliaan.

Pembangunan jalan sama sekali tidak dimaksudkan untuk memamerkan dan menunjukkan kedigjayaan, tetapi raja dengan mudah mengontrol seperti wilayah yang sangat luas itu. Dalam prakteknya, jalan ini juga digunakan oleh pedagang sehingga semakin membuat kehadirannya Persia ekonomis makmur.

Persia Mengawali Era Mata-Mata

Salah satu hal yang besar untuk melakukan Persia dan kemudian ditiru oleh negara-negara dunia sampai agen mata-mata sekarang adalah menciptakan. Ya, sejak pertama Persia sudah menggunakan mata-mata untuk menjaga stabilitas negara. Mereka tidak memiliki nama, namun sering disebut Mata dan Telinga Raja.

Persia memiliki daerah yang luas, dan kemudian raja membaginya menjadi 20 bagian, masing-masing dipimpin oleh seorang gubernur. Tugas gubernur adalah salah satunya adalah untuk membayar upeti kepada raja. Nah, ini adalah di mana mata-mata yang bekerja. Mereka diam-diam mengawasi perputaran uang di tangan gubernur, dan kemudian menyelidiki apakah pajak yang diberikan sesuai atau minus-kurang.

Persia Mempengaruhi  Perkembangan Bahasa Inggris

Percaya atau tidak sebagian besar kosakata bahasa Inggris yang kita membaca adalah berasal dari Persia. Misalnya, Dokhtar dalam bahasa Persia yang kemudian diserap ke dalam bahasa Inggris menjadi Putri, Hashasheen menjadi Assasin, Balakhana menjadi Balcony, bahkan Shah Mat diserap ke Checkmate.

Ada begitu banyak kata-kata Persia diserap ke dalam bahasa Inggris, angka-angka saja diperkirakan ada ratusan lebih. Ini adalah bukti bahwa bangsa ini begitu salah satu yang paling canggih di masanya. Bahkan jika ditelusuri lebih detail, banyak bahasa di dunia yang orang tuanya adalah bahasa Persia.

Ini adalah Persia, bangsa yang besar yang pengaruhnya di seluruh dunia. Bahkan apa yang mereka telah menciptakan berguna sampai sekarang. Sayangnya, kisah kebesaran mereka berhenti ketika bangsa di dunia secara bergantian menyerang Persia yang pernah jumawa ini.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Tag : Fakta
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola