4 Ketangguhan Militer Malaysia Ini Perlu Diwaspadai Indonesia

Indonesia mungkin bukan negara super power. Meskipun demikian, ada begitu banyak hal yang bisa diandalkan dari negeri ini, salah satunya adalah militer. Sudah bukan rahasia umum kalau Indonesia adalah salah satu negara dengan basis militer terbesar. Negara ini punya kemampuan, apalagi ketika sudah membicarakan tentara elit, Indonesia sangat keren.

Jika Indonesia begitu jumawa, lalu bagaimana dengan tetangga sebelah kita, Malaysia? Jauh dari hingar bingar, siapa sangka saudara serumpun ini ternyata tak kalah edannya. Meskipun terpaut peringkat dari Indonesia, tapi Malaysia punya taring yang tidak boleh dianggap remeh oleh siapa pun.

Nah, berikut adalah deretan kekuatan militer si negara berlambang macan itu. Indonesia harus waspada nih agar bisa mencegah kemungkinan terburuk. Mari simak ulasan dari 4 kekuatan militer malaysia ini jangan dianggap remeh indonesia.

Jumlah Personel Militer

Malaysia ada di peringkat 35 dari 126 negara dalam hal militer. Sebuah prestasi yang cukup bagus dan tak bisa diremehkan. Alasan kenapa negara ini ada di peringkat yang lumayan menjanjikan tersebut adalah lantaran jumlah personel militernya yang boleh dibilang lumayan meskipun tidak terlalu banyak.

Malaysia punya tentara aktif sebanyak 110 ribu orang dan disokong oleh sekitar 295 ribuan prajurit cadangan. Jumlahnya mungkin tidak besar, tapi perlu diingat kalau di dalam kuantitas tersebut ada deretan pasukan elit yang siap menggigit siapa pun.  Misalnya Pasukan Gerak Khas dan juga Pasukan Khas Laut yang secara kualitas cukup mumpuni.

Alutsista Perang Darat

Angkatan darat Malaysia mungkin adalah salah satu yang paling jumawa di Asia Tenggara. Hal ini lantaran negara tersebut memiliki alutsista yang lengkap dan mematikan. Jika dibandingkan dengan Indonesia, mereka menang jumlah dalam beberapa jenis perlengkapan.

Tercatat Malaysia punya 74 tank siap tempur, 1.318 kendaraan taktis perang, dan juga kendaraan peluncur roket multiple sebanyak 54 buah. Indonesia kalah dalam jumlah kendaraan taktis perang dengan hanya memiliki 1.089 buah saja.

Alutsista Udara

Malaysia mungkin tidak memiliki sebanyak Indonesia dalam jumlah personel. Namun, soal alutsista udara, mereka hampir imbang dengan kita. Tercatat, mereka punya setidaknya 42 pesawat tempur, 95 pesawat pengangkut, dan juga 59 helikopter.

Indonesia memang unggul dalam beberapa hal, misalnya jumlah helikopter dan pesawat pengangkut. Namun, kita tidak punya pesawat tempur sebanyak mereka. Indonesia memiliki sekitar 30an pesawat tempur saja. Meskipun demikian, kita bisa imbang dengan mereka karena Indonesia punya 5 buah helikopter serang sedangkan mereka tidak.

Alutsista Maritim

Sayangnya, untuk ranah kelautan Malaysia tidak begitu jumawa meskipun tetap menggigit. Mereka hanya memiliki sedikit sekali alutsista kelautan yang siap tempur. Malaysia hanya memiliki 2 kapal frigates, 6 kapal corvette serta 2 kapal selam saja. Meskipun begitu, mereka punya pertahanan coastal yang bagus.

Indonesia juga tidak bisa dibilang menang telak dari Malaysia. Kita hanya memiliki 6 buah kapal frigate, 26 corvette dan dua kapal selam sama. Bagi malaysia memiliki sedikit alutsista laut tidak begitu masalah lantaran kondisi geografis mereka yang seperti itu. Namun, bagi Indonesia yang maritim, jumlah tersebut boleh dibilang terlalu sedikit.

Tentu saja kita tak berharap bakal terjadi perang antara Indonesia dan Malaysia. Namun, seumpama ini terjadi (semoga tidak), maka bisa dibilang kita menang, meskipun dengan selisih yang tak banyak. Namun harus diingat siapa yang mem-back-up Malaysia. Ya, ia adalah Inggris. Mungkin kita bisa menang lawan Malaysia, namun melawan Inggris tentu jadi hal yang sama sekali tidak mudah.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
LensaTerkini
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola