4 Kebiasaan Buruk Yang Membuat Kamu Dijauhi teman-Temanmu

Sebagai makhluk sosial, kita tak bisa menghindarkan diri dari kehidupan bermasyarakat. Kita akan berkomunikasi dengan banyak orang, membutuhkan orang lain, dan tak bisa hidup sendiri.

Kita butuh orangtua, kita butuh sahabat, kita butuh saudara, kita juga butuh pasangan hidup. Namun apa jadinya jika karena kesalahan kita sendiri, kita justru dijauhi orang-orang di sekitar kita? Mereka menjadi malas berada di dekat kita, bersyukur saat kita tak ada, bahkan tak mau tahu tentang kita. Na’udzubillaah.

Untuk itu, sebaiknya kita hindari beberapa hal berikut ini. Karena ternyata hal-hal ini bisa menjauhkan kita dari orang-orang terdekat di sekitar kita. Mari simak ulasan dari 4 sikap buruk ini membuat teman-temanmu menjauh.

Banyak Berbohong

Siapa sih yang mau dibohongi? Pasti tak ada satu pun orang di dunia ini yang bersedia diberikan dusta oleh orang lain. Apalagi jika orang tersebut adalah orang terdekat yang amat dicintai dan dipercaya. Akibat dari seseorang yang sering berbohong adalah akan minim kepercayaan dan juga dijauhi oleh orang-orang di sekitarnya. Rasanya menyedihkan sekali ya?

Untuk itu, jauhilah budaya dan hobi berbohong. Anggap lah yang kita lakukan ke orang lain adalah apa yang mungkin akan kita terima. Jika kita tak suka dibohongi, maka jangan pernah berbohong pada orang lain. Jika kita tak ingin dijauhi orang lain, maka jangan pernah kita menyakiti hati mereka dengan berbohong.

Berbicara Kasar

Selain berbohong, kata-kata kasar yang entah sadar atau tidak, keluar dari mulut kita, ternyata bisa menjadi penyebab kita dijauhi orang lain. Siapa yang nyaman, jika ada orang yang berkata kasar padanya? Tentunya kamu pun tak menyukai hal itu.

Untuk itu, hindari berkata kasar atau meneriakkan sesuatu pada orang lain, terlebih pada orang yang lebih tua. Selain merendahkan diri kita sendiri karena akan dinilai tidak sopan, orang-orang akan tidak nyaman dan pelan-pelan menjauhi kita.

Egois

Rasulullah SAW mengajarkan kepada umatnya, bahwa sikap saling menolong dan menghargai orang lain adalah sikap yang sangat dicintai di masyarakat. Hal itu terlihat dari ketulusan beliau di masa hidupnya, yang dari situlah, pelan-pelan banyak orang masuk Islam. Itulah mengapa, kita harus sekuat mungkin menjauhi sikap egois atau mementingkan diri sendiri.

Seseorang yang egois selalu merasa bahwa urusannya saja yang paling penting daripada kepentingan orang lain. Asalkan kebutuhannya terpenuhi, dia tak peduli pada apa yang dialami orang lain. Dia bisa meminta orang lain membantunya, namun giliran dia dimintai tolong orang lain, dia tidak mau melakukannya.

Nah, siapa yang nyaman jika berada di dekat orang seperti itu? Maka wajar saja, jika kita egois maka orang lain akan menjauhi kita.

Sombong

Sikap sombong, pada akhirnya bisa menjadi watak. Dan jika sudah menjadi watak, maka seseorang tersebut akan sulit menghilangkannya dari kehidupan. Seseorang yang sombong akan merasa dia yang paling hebat, merasa dia paling bisa, dan tak ada orang lain yang mampu mengalahkannya. Kesombongan bisa mendorong kita pada kesyirikan bahkan na’uddzubillah menjadi murtad.

Seperti kesombongan Firaun, yang merasa bahwa dialah yang paling hebat, sampai kemudian dia mengaku dirinya adalah Tuhan. Lalu Allah murka dan menghukumnya dengan membinasakannya beserta pengikut-pengikutnya tanpa terkecuali. Jangan sampai orang lain menjauhi kita karena kesombongan yang kita pupuk di dalam diri. Jika rasanya dijauhi orang saja sudah menyakitkan, apalagi jika Allah yang menjauhi kita kan?

Nah, itulah tadi keempat hal yang paling sering membuat orang lain merasa tidak nyaman ada di sekitar kita. Karena kita menyadari status kita sebagai makhluk sosial, sudah menjadi keharusan bagi kita untuk menjaga hubungan baik dengan orang-orang di sekitar kita agar tercipta kenyamanan di antara kita dengan mereka.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola