8 Makhluk Prasejarah Paling Unik di Dunia

Kita semua tentu sudah tahu dengan bentuk-bentuk makhluk prasejarah pada masa dinosaurus. Bentuk mereka tidak sama dengan yang ada sekarang karena menyesuaikan dengan lingkungan bumi yang juga berbeda dari yang sekarang.

Meski begitu, makhluk zaman dulu tidak hanya dinosaurus saja dengan bentuk yang sudah sering kita lihat di televisi atau berita. Ada juga makhluk masa prasejarah dengan bentuk-bentuk fisik unik dan sangat berbeda dari kebanyakan binatang lainnya. Mari simak ulasan dari 8 makhluk prasejarah dengan bentuk terunik di dunia.

Anomalocaris

Sebelum ada Tyrannosaurus dan Megalodon, binatang yang menjadi predator teratas adalah Anomalocaris atau “Udang yang Tidak Normal”. Binatang ini bisa tumbuh hingga sepanjang 2 meter, ukuran yang sangat raksasa bagi seekor udang di masa itu.

Kerabatnya yang lebih aneh bernama Tamisiocaris bahkan memiliki moncong penyaring tambahan seperti Paus Balin modern. Moncong yang berbentuk seperti sisir ini digunakan untuk menjebak organisme kecil untuk makanannya.

Chalicotheres

Binatang yang satu ini terlihat lebih aneh lagi. Ia tampak seperti gabungan dari beruang dan kuda serta bertubuh sangat besar. Ia memiliki lengan yang panjang seperti kera dengan cakar yang panjang dan tajam untuk mencabut tanaman dan dedaudan di hutan.

Bentuk kaki belakangnya pendek dan kuat. Kemungkinan ia berjalan sama seperti gorila. Di bagian kepalanya berbentuk menyerupai kuda. Diperkirakan makhluk ini telah punah sejak 3,5 juta tahun yang lalu.

Stethacanthus

Stethacanthus adalah salah satu kerabat tua hiu yang hidup sekitar 360 juta tahun yang lalu. Ukurannya memang sedikit lebih kecil, namun ia terkenal dengan bentuk sirip punggungnya yang unik.

Sirip punggung Stethacanthus berbentuk seperti sebuah landasan. Benjolan aneh yang ada di kepala hiu ini ditutupi dengan duri-duri kecil yang masih tidak diketahui fungsinya untuk apa.

Platybelodon

Platybelodon memiliki bentuk yang terlihat seperti gabungan antara gajah dan platypus. Makhluk ini diperkirakan hidup pada 15-4 juta tahun yang lalu. Binatang ini biasanya juga dikenal sebagai ‘gading sekop’ karena bentuk mulutnya yang menyerupai sekop.

Ia memiliki dua gigi yang sangat besar dan menonjol di rahang bawah. Gigi seri yang sangat besar ini digunakan untuk menyekop daratan serta memotong cabang pohon.

Nyctosaurus

Salah satu makhluk paling aneh yang pernah terbang di langit bumi adalah Nyctosaurus. Binantang ini masih kerabat Pterosaurus namun memiliki tulang besar yang tumbuh di kepalanya.

Banyak orang menduga, bahwa ada lapisan membran atau kulit yang menempel di tulang tersebut sehingga berbentuk seperti layar kapal di bagian kepala. Kemungkinan ‘layar’ ini digunakan agar burung tersebut bisa terbang dengan stabil.

Helicoprion

Binatang yang satu ini telah membuat pusing para ilmuwan selama berabad-abad. Bagaimana tidak, binatang yang menyerupai hiu ini memiliki rahang bahwa yang sangat aneh. Gigi-giginya tertata secara melingkar seperti spiral mirip sebuah gergaji.

Bahkan penelitian terbaru menunjukkan bahwa gigi tersebut memang mirip gergaji lingkaran di dalam mulut. Ketika mulut tertutup, gigi-gigi tersebut berputar seperti gergaji untuk memotong mangsanya.

Hallucigenia

Binatang ini juga telah membuat para ilmuwan kebingungan karena bentuknya yang aneh. Nama Hallucigenia diambil karena keanehan dan seperti hanya ada dalam mimpi. Binatang yang hidup sekitar 505 juta tahun yang lalu ini, punya 7 hingga 8 pasang kaki yang dilengkapi dengan cakar.

Masing-masing memiliki duri panjang di bagian atasnya yang fungsinya sendiri juga belum diketahui. Sementara itu, bagian kepala dan kakinya juga masih belum diketahui dengan jelas yang sebelah mana.

Opabinia

Mungkin kalau alien pernah singgah ke bumi dan salah satu makhluk atau binatangnya tertinggal, maka binatang tersebut mungkin adalah opabinia. Bentuk tubuhnya terlihat tidak nyata seperti memiliki 5 mata dan sebuah tentakel yang dilengkapi dengan cakar.

Begitu anehnya bentuk Opabinia ini sampai-sampai setiap orang tertawa ketika melihat presentasi spesies ini untuk pertama kalinya. Tambahan tentakel dengan cakar ini, diduga digunakan untuk mencengkeram makanan dan membawanya ke mulut yang terletak di bawah kepala dan menghadap ke bawah.

Setiap bentuk fisik makhluk hidup memang tercipta sesuai dengan habitat atau apa yang mereka makan. Mungkin lingkungan bumi dulu juga tidak seperti yang kita ketahui sekarang ini, sehingga binatangnya memiliki tubuh yang sangat berbeda. Tapi setidaknya, untung kita tinggal di era seperti sekarang ini, sehingga tidak perlu berkeliaran bersama makhluk raksasa yang menyeramkan tersebut.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola