7 Skenario Terburuk Tata Surya Ini Dapat Membuat Manusia Binasa

Sekitar 65 juta tahun yang lalu, bumi pernah mengalami bencana besar yang mengakibatkan dinosaurus punah dan hanya meninggalkan tulang saja. Kejadian mengerikan itu membuat iklim bumi berubah dengan sangat drastis. Bahkan bumi baru bisa dihidupi oleh organisme baru setelah jutaan tahun kemudian.

Apa yang terjadi di masa lalu diakibatkan oleh asteroid besar yang menabrak bumi dengan hebat. Selain asteroid, sebenarnya banyak sekali benda langit yang bisa membuat manusia di bumi, bahkan tata surya ini hancur. Berikut 7 skenario tata surya paling menghancurkan jika terjadi.

Bumi Bertemu dengan Black hole

Apa yang akan terjadi jika bumi bertemu dengan black hole yang dikenal sangat mengerikan itu? Jawabannya adalah bumi akan menjadi planet yang kacau. Bahkan menurut ilmuwan yang bekerja di Universitas Stamford, black hole seukuran mata uang logam bisa membuat bumi jadi runtuh.

Energi yang sangat kuat akan membuat bumi terserap sangat dalam. Panas ekstra tinggi juga akan melelehkan apa saja yang ada di permukaan bumi. Manusia dipastikan akan langsung binasa tanpa bisa menyelamatkan diri. Kekuatan black hole sangat besar dan susah untuk diukur kekuatan pastinya.

Matahari Padam

Banyak yang memperkirakan jika matahari akan padam sekitar 5 miliar tahun lagi. Namun, karena beberapa anomali, bukan tak mungkin matahari bisa padam dengan cepat. Jika hal ini terjadi, maka bumi akan mengalami musim dingin yang berkepanjangan. Suhu akan drop hingga -73 derajat Celcius.

Tak akan ada tumbuhan yang hidup karena tak bisa melakukan fotosintesis. Manusia hanya bisa hidup di dalam ruangan. Krisis energi bisa terjadi dengan sangat cepat. Bila manusia bisa menemukan energi pengganti matahari, kemungkinan kaum ini akan bisa bertahan hidup tanpa adanya cahaya matahari.

Bumi Punya 2 Matahari

Sekarang coba kita bayangkan bagaimana jika bumi memiliki 2 matahari. Yang jelas suhu akan semakin tinggi dan siang akan jauh lebih lama. Misal matahari ada di dua sisi bumi, maka permukaan di ujung akan mengalami malam yang tak akan lama.

Orbit bumi akan berubah dengan drastis. Ada kalanya bumi dekat dengan matahari. Ada kalanya akan jauh. Saat dekat, maka bumi akan mengalami kekeringan massal dan mungkin musnahnya umat manusia. Jika bumi jauh dari matahari, maka ia akan mengalami musim dingin seperti zaman es. Manusia tidak akan bisa bertahan.

Bumi Bertukar Posisi dengan Mars

Saat Bumi dan Mars bertukar posisi, maka Mars akan mengalami kenaikan suhu permukaan. Banyak sekali es di kutub yang akan menaikkan permukaan air. Mars akan memiliki suhu seperti bumi dan mungkin akan bisa digunakan sebagai tempat hidup manusia yang baru.

Hal yang berbeda dialami oleh Bumi. Saat berpindah ke posisi Mars, planet kita ini akan mengalami penurunan suhu yang drastis. Permukaan es di kutub kembali menebal dan manusia akan susah keluar rumah. Mungkin manusia masih bisa hidup di sini, namun dengan kondisi yang telah disesuaikan.

Bumi Berputar dengan Arah Berlawanan

Apakah akan terjadi bencana jika bumi berputar terbalik? Matahari terbit dari barat dan tenggelam di timur. Jawabannya adalah iya. Dalam beberapa agama dunia, kiamat ditandai dengan berpindahnya arah matahari. Dan mungkin inilah yang akan terjadi jika suatu ketika ada energi besar yang membuat bumi berputar berlawanan arah.

Arah angin dunia akan berubah dengan drastis. Iklim di beberapa wilayah akan berubah-ubah. Afrika bagian utara yang kekeringan mungkin akan dilanda hujan deras hingga banjir bandang. Negara di Eropa akan mengalami musim dingin parah yang berasal dari Siberia. Keadaan ini akan membuat bumi jadi porak-poranda.

Jupiter Menjadi Bintang

Matahari adalah bintang yang mampu menyebarkan energi panasnya ke seluruh tata surya. Bumi mendapatkan energi dari matahari yang melimpah dan membuat banyak manusia yang hidup dengan baik. Sekarang coba kita bayangkan jika Jupiter, planet terbesar di tata surya menjadi bintang dan matahari yang bersinar setiap hari.

Seseorang telah melakukan simulasi dengan program bernama Sandbox Universe. Hasil yang didapatkan mengejutkan. Semua planet di sekitar Jupiter akan musnah karena planet ini menjadi bola api yang besar. Bumi akan mengalami kehancuran karena panas yang menyengat. Selain itu, kemungkinan besar orbit planet-planet bisa bertubrukan.

Bumi Tak Memiliki Bulan

Salah satu fungsi dari bulan adalah mampu mengendalikan pasang surut air laut. Jika bulan tidak ada, artinya laut akan relatif jadi sangat tenang. Di malam hari akan sedikit sekali hewan yang berkeliaran. Bulan adalah salah satu penerangan yang membuat makhluk nokturnal mampu melakukan aktivitas dengan baik.

Di bumi mungkin tidak akan ada yang namanya kalender bulan. Benda di langit hanya akan ada bintang. Dalam bidang seni dan budaya tidak akan ada lagi tokoh-tokoh seperti manusia serigala dan sejenisnya yang muncul akibat bulan.

Demikianlah 7 skenario terburuk yang bisa terjadi pada tata surya. Dari tujuh skenario di atas mana yang menurut anda paling mengerikan dan tak seharusnya terjadi?

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
LensaTerkini
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola