7 Penyakit Yang Memakan Tubuh Manusia Hidup-Hidup Paling Mengerikan

Mikroorganisme adalah makhluk kecil yang tak bisa dilihat dengan mata telanjang manusia. Itulah mengapa mikroorganisme ini gampang sekali menyebar dan berkembang biak di lingkungan dan juga tubuh manusia. Ya, benar sekali. Tubuh manusia kerap sekali digunakan oleh mikroorganisme untuk tumbuh dan berkembang biak.

Beberapa organisme mungkin tak memberikan dampak parah bagi manusia. Misal flu yang akan segera sembuh jika diberi obat. Namun beberapa penyakit mengerikan yang diakibatkan mikroorganisme ini bisa membuat anda ketakutan. Pasalnya tubuh kita bisa dimakan mentah-mentah. Nahlo, serem sekali kan? Yuk, simak penyakit dan bakteri apa sajakah yang gemar memangsa manusia! Mari simak ulasan dari 7 penyakit mengerikan yang dapat menggerogotin tubuh manusia.

Leishmania

Leishmania adalah sejenis mikroorganisme yang hidup di area subtropis seperti Eropa Makhluk ini biasanya hidup menumpang pada lalat. Saat lalat ini terbang dan menggigit manusia (sebenarnya lalat juga bisa menggigit tak hanya nyamuk), Leishmania akan masuk dan menyebar ke dalam tubuh. Ia kan memakan sel-sel di mana lalat menggigit kulit manusia.

Tak butuh waktu yang lama akhirnya Leishmania mulai membuat sebuah luka besar dan daging manusia akan leleh. Mereka membuat bagian tubuh manusia menjadi borok dan lama-lama membusuk dan menjadi nanah. Penyakit ini mematikan jika tak segera diobati. Bahkan kematian bisa saja terjadi.

Apophysomyces

Apophysomyces adalah sebuah jenis mikroorganisme jamur yang biasanya banyak sekali hidup di area pelabuhan. Mereka akan menempel pada kulit manusia dan masuk melalui lubang-lubang pada tubuh seperti mata dan juga mulut. Sebenarnya jamur jenis ini tidak begitu bisa menginfeksi manusia. Namun untuk beberapa kasus mereka bisa masuk dan menjadi sebuah penyakit bernama mucormycosis.

Penyakit ini akan menyebabkan tubuh manusia mengalami gangguan pada sel-sel atau selaput tubuh. Orang yang terinfeksi akan mengalami kerusakan pada kulit dan juga pembuluh darah. Jamur ini menyukai nutrisi dalam tubuh manusia dan juga darah. Jadi jika seseorang sudah terifeksi, peluang untuk selamatnya sangat kecil.

Aeromonas Hydrophila

Aeromonas Hydrophila adalah jenis bakteri yang biasanya hidup pada air jernih seperti sungai atau sumber mata air. Bakteri ini biasanya menempel pada sayur dan juga minuman kemasan yang sering dijual bebas. Aeromonas Hydrophila memiliki kemampuan tahan pada dingin hingga saat menyimpan sayur di lemari es, mereka tidak akan mati.

Aeromonas Hydrophila jarang sekali menginfeksi manusia. Namun dalam keadaan tertentu mereka akan masuk melalui organ pencernaan dan membuat masalah di sana. Mereka akan tumbuh dan mulai memakan apa saja yang ada. Akhirnya infeksi parah tak bisa dihindarkan. Seperti yang terjadi pada 2012 lalu seorang wanita harus merelakan organ vitalnya diamputasi karena infeksi bakteri ini sudah semakin parah bisa menyebabkan kematian.

Clostridium Perfringes

Bakteri bernama Clostridium Perfringes biasanya hanya menyebabkan keracunan makanan. Mereka hidup di daging mentah, atau makanan yang tak dimasak dengan matang. Clostridium Perfringes akan menyebabkan diare parah dan kadang disertai muntah. Dengan penanganan yang intensif, seorang terinfeksi bisa sembuh dengan cepat.

Namun untuk beberapa kasus khusus, Clostridium Perfringes sering sekali menyebabkan kulit seseorang menjadi melepuh. Di dalam kulit akan mulai terbentuk gas dan juga nanah. Akibatnya lapisan otot akan mati dan satu-satunya jalan untuk menyelamatkan pasien adalah dengan melakukan amputasi.

Klebseiella Pneumoniae

Klebseiella Pneumoniae sebenarnya banyak hidup di tubuh manusia. Mereka ada dan menempel di sekitar laring manusia. Dalam beberapa kasus mereka bisa tumbuh dan menyebabkan penyakit seperti pneumonia dan juga meningitis. Selain dua penyakit di atas Klebseiella Pneumoniae ternyata juga menjadi organisme yang bisa memakan tubuh manusia.

Hal ini terjadi pada seorang wanita keturunan Filipina yang tinggal di Amerika. Tubuhnya terinfeksi Klebseiella Pneumoniae, namun bukan bagian paru-paru atau otak yang diserang. Jaringan otot dari wanita inilah yang dilahap hingga menyebabkannya tak bisa bergerak. Dan lagi Klebseiella Pneumoniae sangat kebal dengan antibiotik jenis apa pun hingga susah untuk disembuhkan.

Vibrio Vulnificus

Bakteri Vibrio Vulnificus banyak sekali hidup di lingkungan perairan air asin. Mereka bisa menempel pada makanan yang diambil dari lautan seperti ikan dan kepiting. Jika manusia secara tidak sengaja memasukkan bakteri Vibrio Vulnificus melalui makanannya, diare hebat bisa langsung terjadi hingga menyebabkan tubuh penderitanya kekurangan cairan tubuh.

Selain diare hebat, Vibrio Vulnificus juga bisa menyebabkan gangguan pada fungsi hati. Jika bakteri ini menembus jaringan tubuh dan sampai hati, mereka akan memakan organ itu mentah-mentah. Akibatnya manusia akan mengalami kematian karena hatinya tak berfungsi lagi dengan baik.

Naegleria Fowleri

Salah satu mikroorganisme yang banyak sekali hidup di dalam perairan adalah amoeba. Dari beberapa jenis amoeba ada yang terkenal dengan nama Naegleria Fowleri. Makhluk yang hidup di perairan sungai dan danau ini bisa dengan mudah memakan otak manusia dan membuatnya tak bisa apa-apa selain menunggu kematian akan tiba.

Naegleria Fowleri biasanya masuk melalui mulut atau telinga manusia. Dari sana mereka bergerak dan menembus sel tubuh hingga akhirnya bisa sampai ke jaringan otak. Saat sampai otak, mereka akan segera memakan otak secara buas. Selain makan mereka juga akan memperbanyak diri dan menyebabkan kerusakan otak berjalan dengan cepat. Dari banyak kasus Naegleria Fowleri, hampir semua korban tak bisa ditolong lagi.

Itulah tujuh penyakit mengerikan yang bisa memakan tubuh manusia hidup-hidup. Dari tujuh penyakit yang disebabkan oleh mikroorganisme di atas, mana saja yang kira-kira paling mengerikan dan paling cepat membuat manusia kehilangan nyawanya?

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Tag : Kesehatan
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola