7 Pekerjaan Narapidana Setiap Harinya Selama Masa Tahanan

Anda mungkin akan mengira jika orang yang ada di dalam penjara akan menghabiskan masa tahanannya dengan mengerikan. Banyak berdiam diri di dalam sel selama bertahun-tahun. Selain itu, jika mereka adalah seorang penjahat yang kuat pasti di dalam masih bekerja untuk hal-hal negatif. Misal jualan narkoba atau lain sebagainya.

Tapi anda perlu tahu jika seorang narapidana di dalam penjara tak hanya menjalani harinya dengan mengenaskan. Mereka masih bisa menjalani hidup dengan baik dan bekerja. Ya, mereka masih bisa bekerja. Inilah contoh pekerjaan legal yang masih bisa dikerjakan meski berstatus tahanan. Mari simak ulasan dari 7 pekerjaan yang dilakukan narapidana dalam menghabiskan masa tahanan.

Juru Masak

Di beberapa penjara di Amerika, banyak sekali narapidana yang diajari bagaimana cara memasak dengan baik. Mereka juga diberi training bagaimana cara menggunakan pisau yang benar serta pengetahuan dasar lainnya. Setelah mereka mahir dengan hal-hal ini, pihak penjara akan bekerja sama dengan lembaga amal dan mempekerjakan mereka sebagai juru masak.

Mereka akan memasak untuk gelandangan, para pengungsi, hingga teman mereka sendiri di dalam penjara. Program ini akan diharapkan akan mampu meningkatkan kehidupan mereka kelak saat keluar dari penjara. Dan gaji yang didapatkan bisa digunakan untuk kehidupan di dalam penjara.

Memberi Penyuluhan

Orang yang lebih berpengalaman tentu akan banyak memberikan gambaran yang nyata akan suatu masalah. Hal ini diterapkan juga oleh lembaga konseling atau penyuluhan. Lembaga ini menyewa beberapa narapidana yang sebelumnya diberi pelatihan untuk memberikan penyuluhan akan bahaya-bahaya melakukan tindakan kriminal.

Orang yang pernah mengonsumsi narkoba dan menjual barang haram itu akan memberikan penyuluhan tentang bahasa narkoba. Selain itu orang yang bergerak di bidang perampokan juga akan memberikan hal yang ada hubungannya dengan tindakan kriminal itu. Diharapkan setelah memberikan penyuluhan akan lebih banyak orang yang sadar hukum.

Bekerja di Ladang

Banyak penjara yang menerapkan program bekerja bagi para narapidananya. Salah satu yang sering dilakukan adalah meminta mereka bekerja di ladang. Mereka akan menanam banyak sekali sayur yang nantinya akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan makanan semua orang yang ada di dalam penjara.

Selain mendapatkan gaji, mereka juga akan merasa lebih segar keluar dari penjara. Lebih baik berada di luar, bekerja, menghabiskan waktu daripada hanya diam saja di dalam sel penjara. Program ini disambut baik oleh para narapidana karena membuat mereka merasa jauh lebih hidup.

Bekerja Sebagai Pemadam Kebakaran

Di California, Amerika, setiap tahun ada sekitar 4.000 orang narapidana yang diberi pelatihan pemadaman kebakaran. Mereka diambil dari penjara-penjara lokal untuk membantu pemadam kebakaran bekerja di musim panas yang sangat parah di negeri itu. Mereka akan dibayar per jam dan uangnya bisa dikirim ke rekening keluarga atau untuk biaya hidup di penjara.

Pekerjaan ini sangat diminati oleh para narapidana di penjara-penjara California. Akhirnya pemerintah setempat melakukan seleksi ketat hingga hanya orang terpilih saja yang mampu menjadi seorang pemadam kebakaran. Well, menghadapi api jauh lebih baik daripada menghadapi dinginnya lantai penjara.

Bekerja Sebagai Entrepreneur

Beberapa kriminolog dunia sepakat jika biaya untuk membuat tahanan jadi pandai jauh lebih sedikit dari biaya hidup mereka di penjara. Hal ini akhirnya membuat banyak sekali lembaga penjara memilih untuk menyekolahkan pada tahanannya agar lebih pandai dan mampu bekerja sebagai seorang entrepreneur.

Mereka diberi pendidikan sekelas perguruan tinggi. Bahkan mendapatkan semacam sertifikat dan juga ijazah setelah menyelesaikan semua studinya. Setelah bebas nanti para tahanan ini diharapkan mampu bekerja dengan baik dan diharapkan membuka lapangan pekerjaan sendiri dan meningkatkan kualitas hidupnya.

Bekerja Sebagai Programmer

Para narapidana juga dididik untuk lihai dalam hal ilmu komputer. Mereka diajarkan bagaimana melakukan pemrograman dan coding suatu program komputer. Sebelum bekerja dalam bidang ini, pihak penjara biasanya memberikan pelatihan-pelatihan yang sangat banyak hingga mereka mahir.

Setelah bebas dari penjara. Mereka akan bisa bekerja di perusahaan IT atau membuat usaha sendiri. Pihak penjara menjamin jika setelah bebas mereka tidak akan diperlakukan buruk meski pernah berada di penjara. Apa yang di dapatkan di dalam penjara jauh lebih berharga dan lebih berguna untuk kehidupan bermasyarakat.

Bekerja Sebagai Operator Alat Berat

Para narapidana juga dilatih untuk menggunakan alat berat yang biasanya digunakan untuk pertanian, peternakan, dan juga tambang. Mereka diberi training bagaimana mengoperasikan alat berat itu dengan baik hingga mahir sebelum akhirnya dilepas dan disuruh bekerja sebagai operator yang handal.

Mereka akan dibiarkan bekerja di luar penjara meski tetap dalam pengawasan. Gaji yang didapatkan cukup untuk membiayai kebutuhan di dalam penjara dan sebagian ditabung dan bisa digunakan nanti saat kebebasan tiba.

Inilah tujuh pekerjaan legal yang bisa dilakukan oleh para narapidana di penjara. Kira-kira hal seperti ini juga ada di Indonesia enggak ya?

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola