7 Ikan Hiu Paling Mengerikan Juga Mematikan

Ubur-ubur kotak konon bisa membunuh orang dewasa dengan tentakel beracunnya. Makhluk ini adalah pembunuh sempurna di lautan. Ia sulit terlihat dan juga tidak gampang mati. Namun, jujur saja, ketika kita belum mengetahui kengerian ubur-ubur kotak, kita takkan pernah takut. Tentang siapa yang ditakuti di lautan sudah jelas jika itu adalah hiu.

Ya, hiu sudah punya pamor sepanjang sejarah sebagai hewan paling bikin orang ogah melaut. Hiu tidak membunuh dengan sekali sentuh, tapi ia menciptakan kengerian dengan cara yang brutal. Apalagi kalau bukan mengejar lalu mencabik-cabik mangsanya.

Ada banyak spesies ikan hiu dengan kengerian yang seperti ini. Bahkan beberapa jenis juga tambah menakutkan karena bentuknya yang begitu menakutkan. Inilah 7 spesies hiu yang akan membuatmu begidik luar biasa saat berenang di laut. Mari simak ulasan dari 7 spesies ikan hiu paling ganas dan mengerikan di dunia.

Hiu Frill

Dilihat dari namanya, Hiu Frill mungkin tidak begitu menakutkan. Namun, ketika kita lihat sosoknya, maka tergambarlah sebuah mimpi buruk. Hiu bermata besar ini seperti pembunuh bermuka tidak menyenangkan. Apalagi jika kita lihat deretan gigi tajamnya yang berbaris rapi itu. Seperti siap memarut kulit dan melepaskannya dari tulang belulang.

Kabar baiknya hiu satu ini sangat jarang terlihat di permukaan. Hal ini dikarenakan habitat aslinya adalah 2 ribu meter di dalam sana. Meskipun demikian, jika beruntung kita bisa sesekali melihat hewan ini naik. Dan jika itu terjadi, maka bersiaplah untuk kemungkinan terburuk.

Hiu Basking

Jika kata hiu saja sudah bikin ngeri, maka hiu raksasa mungkin akan membuat kita makin begidik ngeri karena takut. Hiu Basking adalah spesies yang dimaksud. Hiu ini memiliki ukuran tubuh yang lumayan besar. Bahkan di Jepang pernah ada nelayan setempat yang menemukan jenis ini sepanjang 9 meter.

Manusia dengan mudah akan dilumatnya. Meskipun demikian, hiu ini sama sekali tak tertarik dengan kita. Seperti para raksasa air lain, Hiu Basking lebih suka memakan plankton. Namun bukan berarti hiu ini tidak berbahaya. Jika tak berhati-hati kita bisa kena kibasan ekornya yang cukup mampu membuat tulang serasa dihantam palu besar.

Hiu Paus

Jika Basking tidak cukup menyeramkan, dari kelas hiu kita bisa menemukan spesies yang setingkat lebih besar lagi. Ya, Hiu Paus atau dalam bahasa asingnya dikenal dengan sebutan Whale Shark. Hiu ini benar-benar monster. Panjang tubuhnya sendiri bisa mencapai belasan meter dengan berat mampu mencapai 20 ton lebih.

Untungnya, Hiu Paus adalah hewan ramah yang hanya memakan plankton saja. Meskipun katanya ramah, tapi tetap saja ngeri kalau berdekatan dengannya. Apalagi melihat mulutnya yang lebar itu, bikin panas dingin.

Hiu Thresher

Hiu ini memiliki beberapa ciri khas yang tak dimiliki spesies lainnya. Badannya agak sedikit tegak, matanya yang sangat besar, serta punya ekor belakang yang super panjang. Hiu ini dikenal sebagai perenang yang cukup handal dan sering terlihat di perairan laut dangkal. Awas!

Hiu Thresher sudah terkenal namanya di antara para perenang dan juga peselancar. Ia sangat sukses membuat semua orang ingin bergegas ke pantai begitu terlihat ekor cambuknya yang panjang.

Hiu Goblin

Kalau soal tampilan di seluruh spesies hiu, takkan ada yang lebih menakutkan selain Hiu Goblin. Bagian mulutnya terutama, memiliki sebuah mekanisme maju mundur cepat untuk menyergap mangsanya. Makin mengerikan lagi karena rahangnya tak memiliki gigi geraham alias semuanya taring yang panjang dan mencuat.

Ikan ini hidup di kedalaman namun tak jarang ia juga naik ke permukaan. Panjang tubuhnya sendiri tiga kali lipat ukuran orang dewasa. Satu lagi, hiu ini dikenal agresif dan gampang diprovokasi.

Carcharocles Megalodon

Carcharocles megalodon adalah alasan kenapa kita harus mensyukuri kepunahan. Pasalnya, jika benar-benar masih hidup, Hiu ini akan jadi predator tunggal di laut dan takkan ada yang bisa mengalahkannya. Siapa pun itu, lebih-lebih manusia.

Carcharocles Megalodon bisa tumbuh sampai 20 meter lebih dengan berat mampu mencapai 100 ton. Di zamannya, kegemaran hiu ini adalah memangsa para raksasa lain mulai dari paus bungkuk, sampai paus balin.

Hiu Martil Besar

Pemuncak dari daftar hiu paling menyeramkan adalah si Martil Besar. Mungkin tubuhnya hanya mampu tumbuh sampai 6 meter saja, namun kemampuan membunuhnya luar biasa. Jika memungkinkan para hiu dipertandingkan, maka si Martil Besar akan jadi juaranya.

Bentuk kepalanya yang unik bukan tanpa fungsi. Kepalanya memiliki semacam sensor yang bisa mendeteksi apa pun. Matanya yang terletak di ujung samping kepalanya yang pipih, mampu memberikan gambaran yang lebih jitu lagi dalam mencari mangsa. Fix, Hiu Martil Besar adalah yang paling menyeramkan dari spesies raja lautan.Jika suatu ketika kamu tengah berenang di laut dan kemudian menemukan salah satu dari hiu ini, maka lebih baik cepat-cepat menepi.

Takkan ada yang menjamin nyawa kita selamat ketika berhadapan dengan para hiu ini. Meskipun berpotensi jadi ancaman, namun membunuh mereka tetaplah bukan hal yang bijak. Beberapa hiu ini juga terancam punah. Maka sudah sewajarnya kita ikut menjaga eksistensi mereka.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
LensaTerkini
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola