7 Gangguan Tidur Teraneh Yang Selalu Dialami Orang di Dunia

Tidur adalah salah satu hal yang sangat penting bagi semua makhluk di dunia. Tak hanya manusia saja, hewan pun juga membutuhkan tidur setiap hari. Dengan tidur, maka tubuh akan beristirahat secara fisik mau pun pikiran. Artinya segala hal akan diistirahatkan hingga esok hari saat bangun tidur tubuh akan terasa lebih segar.

Namun tidur bukanlah perkara yang mudah bagi sebagian orang. Ada yang sampai melakukan apa saja agar bisa menikmati kenyamanan tidur yang berkualitas. Orang-orang ini mengalami gangguan tidur yang agak aneh hingga membuat hidupnya kadang tak berjalan dengan baik. Anyway, inilah 7 gangguan di saat tidur yang biasa terjadi.

Sindrom Sleep-Wake

Sindrom Sleep-Wake adalah sindrom di mana seseorang tidak bisa tidur sama sekali dalam  waktu 24 jam, bahkan lama. Sindrom ini tidak sama dengan seseorang yang memang sengaja tidak tidur meski mengantuk. Orang dengan gangguan ini sama sekali tidak merasakan kantuk. Bahkan saat memejamkan mata tubuh tak juga berada pada fase tidur.

Seseorang dengan tidur yang normal, tubuhnya akan mudah masuk ke zona tidur. Artinya perlahan-lahan kerja tubuh menurun dan semuanya beristirahat kecuali organ inti yang tidak berhenti seperti jantung dan paru-paru. Orang dengan gangguan ini biasanya cenderung tidak bisa produktif. Karena kadang saat bekerja, kantuk yang ditunggu-tunggu justru datang.

Sleep Paralysis

Pernahkah anda mengalami gejala tidak bisa bangun saat membuka mata? Tubuh rasanya kaku hingga membuat kita jadi lumpuh selama beberapa saat? Well, itu adalah gangguan tidur bernama sleep paralysis. Tubuh mendadak kaku dan semua alat gerak seperti terkunci dengan rapat. Gangguan ini ternyata menimpa hampir 40% orang di seluruh dunia dengan tingkat keparahan yang berbeda-beda.

Saat tidur, tubuh manusia mengalami apa yang namanya atonia. Namun saat atonia tetap berlangsung saat bangun, tubuh akan mendadak jadi kaku. Beberapa orang bahkan ada yang susah berbicara. Namun tenang, gangguan ini tidak berbahaya meski membuat kita semua jadi sedikit kaget.

Exploding Head Syndrom

Seperti namanya, sindrom ini akan membuat penderitanya mendengarkan suara yang sangat keras hingga mengganggu tidur. Setiap akan memasuki fase rileks, telinga mendadak mendengar bunyi ledakan yang sangat keras dan membuat penderitanya kaget dan enggan memutuskan untuk tidur lagi.

Gangguan ini juga kadang datang malam hari ketika tengah enak tidur. Penderita akan mendadak bangun dan merasakan telinga berdengung hingga kepala sakit. Jika kejadian ini terus berulang, bukan tidak mungkin gangguan kejiwaan akan mengancam penderitanya. Apalagi tidur adalah hal yang tak bisa ditinggalkan, dan kebutuhan utama.

REM-Sleep Behavior Disorder (RBD)

RBD adalah gangguan yang juga termasuk ke dalam jenis parasomnia, atau sesuatu kejadian yang tidak diinginkan saat tidur. Misal jalan saat tidur yang mengerikan itu. RBD tidak membuat penderitanya jalan ke mana-mana. Ia akan sering melakukan tindakan negatif seperti mengumpat, menendang, dan aktivitas lain seperti berperang.

RBD jika dibiarkan akan berbahaya. Bahkan bisa menyebabkan terjadinya kekerasan meski hanya dalam tidur saja. Jika anda mendapati diri anda atau orang terdekat mengalami ini, maka segera diberi perawatan. Amati saat tidur, jika orang itu sering mengumpat dan berkata kotor artinya RBD mulai menjangkiti.

Narcolepsy

Narcolepsy adalah gangguan yang menyebabkan seseorang jadi gampang tidur di mana saja. Artinya fase tidur akan mendadak muncul dan membuat seseorang jadi tidur meski di situasi yang tidak tepat. Misal sedang asyik mengendarai sepeda lalu mendadak jadi tidur dan mengakibatkan adanya kecelakaan.

Narcolepsy biasanya dialami oleh mereka yang terlalu capek dengan dirinya. Tubuh tak bisa lagi mengontrol hingga mungkin penderitanya mirip orang yang sedang pingsan. Sampai saat ini belum ada obat atau terapi yang bisa menyembuhkan gangguan mengerikan ini.

Somnabulism

Somnabulism memiliki nama tenar sleepwalking atau berjalan saat tidur. Gangguan ini sangat berbahaya karena bisa menyebabkan penderita mengalami kejadian buruk. Seorang penderita somnabulism tak hanya berjalan lalu kembali ke kamar. Kadang mereka juga melakukan semacam misi hingga selesai. Beberapa ada yang sampai mengendarai mobil atau motor untuk bepergian.

Sleep Apnea

Sleep Apnea adalah gangguan tidur yang menyebabkan seseorang mengalami gangguan pernapasan. Artinya saat tidur dengan nyenyak mendadak anda bangun karena susah bernapas. Awalnya mungkin tidak begitu mengganggu. Namun jika sering terjadi akan membuat siklus tidur terganggu dengan maksimal.

Parahnya, gangguan ini ternyata menyebabkan seseorang jadi mengalami stroke. Sleep apnea biasanya menjangkiti mereka yang memiliki kebiasaan hidup yang sangat buruk. Misal suka sekali makan tak sehat, merokok, dan mengonsumsi banyak sekali alkohol.

Inilah tujuh gangguan tidur paling aneh yang bisa membuat manusia mengalami hidup yang mengerikan. Anyway, dari tujuh gangguan di atas mana yang pernah ada alami? Jika ada, yuk mulai sekarang mulai melakukan pola hidup sehat agar tidur berjalan dengan baik.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola