7 Cara Ilmuwan Dunia Menambah Usia Manusia

Satu hal yang sangat diinginkan oleh manusia adalah mereka tidak akan menjadi tua dan bisa hidup selamanya. Akhirnya banyak sekali ilmuwan melakukan penelitian untuk membuat sebuah alat atau metode yang tepat agar hidup atau umur manusia bisa bertambah dengan signifikan. Bila perlu mereka akan membuat manusia tak bisa mati.

Nah lo, memang bisa umur ditambah dengan suatu alat? Yuk, coba simak beberapa ulasan di bawah ini! Kita lihat seperti apa cara hebat yang mereka kembangkan itu! Mari simak ulasan dari tujuh cara yang dilakukan ilmuwan untuk menambah umur manusia.

The 2045 Initiative

Seorang futuristik bernama Ray Kurzweil percaya jika sejak tahun 2045, manusia dan komputer akan berjalan berdampingan. Maksudnya, manusia akan bisa mengunggah pikirannya ke dalam komputer dan kelak ia akan abdi. Meski tubuhnya semakin tua dan akan meninggal dunia, kelak pikirannya akan tetap hidup di dalam dunia komputer selamanya.

Proyek ini akan membuat pikiran manusia terus abadi dan nantinya akan ada tubuh hologram yang digunakan untuk pikiran itu. Jadi manusia tak perlu lagu mengkhawatirkan tubuhnya yang mungkin akan terus menjadi tua.

Bioprinting

Hal paling penting dalam hidup adalah tubuh selalu sehat dan organ yang ada di dalamnya selalu sehat. Jika organ yang ada di dalam tubuh manusia menjadi rusak, maka manusia akan mengalami gangguan dan menyebabkan ia menjadi mati dengan cepat.

Untuk mengatasi hal ini sekelompok ilmuwan melakukan riset dan membuat sebuah mesin yang mampu mencetak organ. Organ buatan ini diharapkan akan mampu mengganti organ manusia yang rusak akibat penyakit atau karena sudah tua. Dengan mengganti semua organ diharapkan manusia akan bisa hidup lebih lama.

Calico LLC

Sekitar tahun 2010 UT Southwestern Medical Center mengidentifikasi sebuah zat yang diberi nama dengan aminoprophyl carbazole P7C3. Zat ini telah diteliti mampu meningkatkan fungsi otak dan juga saraf pada sebuah tikus yang mengalami gangguan pada tubuhnya. Akhirnya hewan ini mampu bertahan hidup cukup lama.

Mengetahui keberhasilan ini akhirnya mereka membuat sebuah obat bernama NAMPT. Obat ini berpengaruh besar pada fungsi metabolisme manusia dan membayar sel-sel pada tubuhnya mampu bertahan dengan sempurna. Dengan mengonsumsi obat yang dikembangkan oleh Calio LLC ini manusia diharapkan akan bertahan hidup lebih lama karena tubuhnya selalu sehat.

AMPK

AMPK adalah sebuah zat yang dikembangkan oleh peneliti dari UCLA. Zat ini dikatakan mampu membuat sel tidak akan jadi tua. Bahkan mereka membuat sel menjadi lebih muda dengan sendirinya. Selain itu AMPK juga dipercaya mampu menyembuhkan penyakit seperti Parkinson, Alzheimer, dan penyakit saraf turunan lainnya.

AMPK telah diujikan kepada lalat buah dan terbukti memperpanjang usianya hingga 30%. Jika manusia hidup hingga umur 60 tahun. Maka ia akan mendapatkan tambahan umur selama 18 tahun dan akan meninggal dunia di usia 78 tahun. Bukankah itu sangat hebat?

Telomerase

Seiring dengan berjalannya waktu, manusia lambat laun akan mengalami penuaan. Sel-sel tubuh dari kulit hingga organ di dalam tubuh juga mengalami hal yang sama. Akibatnya tua dan kondisi badan menurun tak bisa dihindari, bahkan bisa menyebabkan banyak gangguan hingga menyebabkan kematian.

Untuk mengatasi hal ini ilmuwan melakukan penelitian dan melakukan sebuah proses bernama telomerase. Proses ini akan memperkecil beberapa bagian dari kromosom manusia hingga membuat kromosom jadi menghambat adanya penuaan. Dengan adanya hal ini, manusia mungkin tidak akan bisa menjadi tua.

Cellular Compound

Secara konsep cellular compund adalah membuat sel tubuh menjadi lebih baik dari sebelumnya. Sel ini diberi perlakukan dengan baik hingga tidak akan menua. Yang mendasari penelitian ini adalah kemampuan hidup hewan seperti kura-kura yang bisa bertahan hingga ratusan tahun.

Ilmuwan menganggap jika hewan ini bisa hidup lama karena pengaruh apa yang ia makan dan diserap oleh selnya, dalam hal ini diet. Akhirnya ilmuwan ini melakukan percobaan pada cacing. Satu cacing dibiarkan makan apa saja. Sedang satu cacing diberi perlakukan ketat pada sel tubuhnya. Hasilnya, cacing yang diberi perlakukan khusus bisa hidup lebih lama.

Sirtuin

Manusia sama halnya dengan mamalia yang memiliki sejenis protein unik pada tubuhnya. Protein ini diberi nama dengan sirtuin atau sir2 dan memiliki label SIRT1 dan SIRT7. Protein ini dipercaya mampu menurunkan risiko terkena penyakit kronis seperti serangan jantung dan juga kanker.

Protein ini diujicobakan pada tikus dan terbukti mampu membuat hewan ini hidup dengan jauh lebih lama. Kurang lebih 16%. Jika protein jenis ini diperbanyak pada tubuh manusia. Kita semua akan bisa hidup jauh lebih lama dari angka ekspektasi hidup setiap orang.

Inilah tujuh cara hebat yang dilakukan oleh ilmuwan untuk menambah umur manusia. Setuju atau tidakkah anda dengan adanya penemuan mutakhir ini?

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
LensaTerkini
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola