6 Peninggalan Belanda Pada Indonesia Dimasa Penjajahan Dulu

Indonesia telah dijajah oleh Belanda dan menjadi koloninya sejak akhir abad ke-16. Penjelajahan Bangsa Belanda ke wilayah nusantara membuat rakyat negeri ini akhirnya terus menderita. Rakyat dianggap sebagai budak dan harus mengabdi kepada Belanda. Akhirnya, banyak sekali perang kemerdekaan terjadi dan mengakibatkan banyak sekali orang gugur sebagai pahlawan.

Anyway, terlepas dari seberapa buruk perlakuan Belanda kepada orang pribumi. Negeri itu juga banyak sekali berjasa dan memberikan beberapa hal yang sangat penting, terutama untuk masalah persatuan dan juga perawatan benda bersejarah. Berikut uraian selengkapnya terkait hal hebat yang ditinggalkan Belanda pasca Indonesia mendapatkan kemerdekaannya. Mari simak ulasan dari 6 hal hebat yang diberikan belanda disaat menjajah indonesia.

Generasi Pertama Negeri Ini Mendapatkan Pendidikan yang Baik

Sebut saja pak Soekarno. Beliau mendapatkan pendidikan dari sekolah-sekolah Belanda hingga akhirnya menjadi seorang pandai dan membuat negeri ini merdeka. Di masa penjajahan Belanda, penduduk pribumi yang berasal dari golongan bangsawan atau keturunan kerajaan akan diberi kebebasan dalam mendapatkan pendidikan. Bahkan gurunya berasal dari Belanda dan dengan sistem yang dikembangkan di sana.

Akhirnya dengan pengetahuan yang banyak inilah generasi pertama negeri ini bangkit dan menuntut adanya kebebasan. Jika di masa lalu Belanda membiarkan golongan tertentu dari bangsa ini mendapatkan pendidikan hingga setinggi-tingginya. Bila perlu dikirim ke negeri Belanda untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi.

Oh ya, saat Belanda masih menjadikan Indonesia menjadi koloninya, banyak sekali kampus dibangun di negeri ini. Salah satunya adalah kampus Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, dan Insititut Teknologi Bandung. Belanda membangun ini untuk menunjang pendidikan di negeri ini meski awalnya hanya diperuntukkan untuk kalangan bangsawan dan juga anak-anak dari petinggi Belanda.

Militer Indonesia yang Modern

Saat Belanda menjadikan negeri ini sebagai koloni. Beberapa pribumi banyak yang diberi latihan militer yang modern. Penduduk diajari bagaimana menggunakan senjata hingga dibentuk pasukan-pasukan khusus yang nantinya dipersiapkan untuk perang meski awalnya untuk membantu Belanda. Lambat laun perkembangan militer ini membuat pribumi semakin pandai dalam mempelajari sistem militer yang memperkuat suatu negara.

Tanpa adanya latihan perang ini Indonesia belum memiliki pasukan yang mampu digunakan untuk mempertahankan kemerdekaan. Saat Belanda kalah dengan Jepang, lalu Jepang kalah dengan sekutu, dan terakhir Belanda kembali lagi ke Indonesia. Bangsa ini sudah mulai merancang adanya badan keamanan dan militer. Dari sinilah perkembangan militer di Indonesia mulai berkembang pesat hingga sekarang.

Insfrastruktur yang Menyeluruh

Saat Belanda berkuasa di Indonesia, banyak hal yang dilakukan oleh bangsa itu meski menggunakan tenaga pribumi. Mulai dengan membangun jalanan raya yang digunakan sebagai jalur utama dan komunikasi. Selain itu juga membangun banyak sekali jalur kereta api yang menghubungkan banyak sekali daerah di Pulau Jawa yang awalnya tak berisi apa-apa selain hutan yang sangat luas.

Saat Belanda ada di sini. Banyak sektor dikembangkan dan akhirnya ditinggalkan saat Indonesia merdeka. Mungkin yang melakukan segala hal adalah warga pribumi. Namun tetap menggunakan arahan mereka. Kita harus berterima kasih kepada pendahulu kita yang telah berjuang di zaman itu dan mungkin sampai mengorbankan nyawanya.

Sistem Perbankan Nasional

Disadari atau pun tidak, perbankan yang ada di Indonesia sudah ada sejak zaman kolonial Belanda. Segala hal terkait penyimpanan uang, kredit, dan juga bunga diatur dengan baik. Akhirnya sistem ini terus ada hingga sekarang dan membuat Indonesia memiliki jaringan perbankan modern yang bagus.

Bahkan terus bermunculan bank-bank swasta nasional untuk memenuhi kebutuhan nasabah. Mungkin kita selalu membayangkan jika apa saja yang terjadi di zaman Belanda berhubungan dengan mimpi buruk. Namun tak semua hal mengerikan terjadi saat zaman kolonial. Ada beberapa sektor yang justru berkembang akibat adanya Belanda di Negeri ini.

Menyatukan Banyak Sekali Wilayah Nusantara

Sebelum Belanda masuk ke negeri ini, nusantara terbagi menjadi banyak sekali kerajaan. Masing-masing kerajaan tentu memiliki sistem sendiri hingga perang antara kerajaan bisa terjadi jika tak terjadi sebuah kesepakatan dalam perjanjian. Setela Belanda datang dan membuat banyak sekali ketidak adilan, banyak sekali kerajaan jadi hancur. Bahkan jatuh di bawah kekuasaan Belanda.

Akibat hal ini kerajaan di nusantara jadi independen. Mereka tak lagi terikat dengan kepentingan kerajaan. Yang mereka inginkan hanyalah sebuah kemerdekaan yang bisa dirasakan oleh semua pihak di negeri ini. Dan beginilah hasilnya, semua kerajaan menyatu dan membentuk sebuah kesatuan menjadi NKRI.

Perlindungan Terhadap Barang Sejarah

Saat Belanda berada di Indonesia, mereka banyak sekali melakukan ekspedisi ke seluruh penjuru wilayah. Mereka mencari benda-benda sejarah seperti candi atau artefak yang ditinggalkan masyarakat nusantara di masa lalu. Orang Belanda melindungi benda ini karena menganggapnya sesuatu yang sangat berharga. Bahkan mereka rela melakukan pemugaran candi-candi yang ada di Indonesia.

Untuk melindungi aset penting ini. Belanda bahkan membawa beberapa arca dari Indonesia ke negerinya sana. Banyak benda bersejarah diselamatkan dari para pencuri yang kala itu bermunculan dan menjual barang itu ke pasar internasional. Tanpa Belanda mungkin benda bersejarah di Indonesia akan lenyap.

Demikian 6 hal hebat yang diberikan Belanda saat menjajah Indonesia. Meski saat penjajahan banyak masyarakat menderita bahkan kehilangan nyawa. Setidaknya sampai sekarang perjuangan nenek moyang kita masih ada dan bisa dirasakan oleh banyak generasi sebelumnya. Bukankah itu lebih baik daripada terus mengutuki masa lalu?

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola