6 Istana Terangker Dengan Cerita Penuh Misteri di Dunia

Istana-istana megah ini menampilkan arsitektur indah yang menjadi harta bersejarah di negara masing-masing. Namun di balik keindahannya tersembuyi sejarah kelam yang tersebar dari mulut ke mulut, hingga menjadi legenda di tengah masyarakat. Ada yang menjadi saksi penyiksaan terhadap para tahanan, ada pula yang menjadi lokasi pembunuhan.

Sekarang, selain dikenal sebagai situs bersejarah, istana-istana ini juga tersohor sebagai bangunan paling angker. Berikut ini kisah selengkapnya di enam istana besar paling angker di dunia.

Kota Terlarang - China

Forbidden City atau Kota Terlarang adalah kompleks bangunan bersejarah yang sempat menjadi istana kerajaan Dinasti Ming dan Qing. Situs dengan 800 bangunan yang menempati area 72 hektar ini sekarang adalah museum raksasa yang diakui sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Namun dulunya Kota Terlarang adalah rumah bagi ribuan orang yang termasuk kerabat kerajaan maupun pekerja istana.

Di masa lalu, Kota Terlarang telah menyaksikan hukuman mati para pengkhianat atau mereka yang dianggap melanggar peraturan kaisar. Di sana pun kerap terjadi pembunuhan antara selir atau pejabat yang berusaha saling menjatuhkan. Tak heran kalau Kota Terlarang dihantui arwah-arwah penasaran yang meregang nyawa di sana.

Sejumlah penjaga mengaku sering melihat hewan berbentuk aneh melintas di tengah malam. Sering terdengar tangisan di bagian istana yang dulunya dihuni para selir.

Menurut situs eChinaCities, ada juga yang mengaku pernah melihat seorang wanita berbaju putih dengan rambut panjang sedang menangis. Tetapi meskipun dipanggil, wanita itu tak pernah menoleh dan terus berjalan. Tak jarang pula muncul sosok misterius dengan pakaian kuno ala kasim.

Mohatta Palace - Pakistan

Meskipun disebut palace atau istana, sebenarnya Mohatta Palace adalah villa mewah yang dibangun Shivratan Chandraratan Mohatta, seorang pengusaha terkemuka pada periode Rajasthan. Letaknya di Karachi, Sindh, Pakistan. Villa musim panas yang sekarang berfungsi sebagai museum ini juga disebut-sebut sebagai salah satu bangunan kuno paling berhantu di Pakistan.

Para pemandu museum kabarnya sering menyaksikan fenomena aneh di malam hari, antara lain benda-benda yang berpindah secara misterius. Mereka juga merasakan kehadiran roh-roh tertentu pada malam hari.Kabarnya wisatawan dilarang masuk ke lantai paling atas Mohatta Palace karena fenomena supernatural ini. Namun arwah penasaran ini belum pernah mengakibatkan kejadian serius. Hanya menimbulkan perasaan tak nyaman bagi para penjaga di sana.

Baron Empain Palace - Mesir

Istana megah yang dibangun oleh Edouard Louis Joseph, Baron Empain ini merupakan salah satu bangunan terkenal di Kairo, Mesir. Sang baron yang berasal dari Belgia merupakan pendiri kota Heliopolis yang berdampingan dengan Kairo. Dilansir DailyMail, Baron Empain Palace dibangun dengan arsitektur yang menyerupai kuil Hindu Orissa di India dan Angkor Wat.

Baron Empain Palace menjadi saksi bagi dua kematian tragis. Yang pertama adalah tewasnya istri sang baron, Helena dari salah satu menara. Kabarnya Helena bunuh diri karena kecewa atas perselingkuhan Baron Empain. Beberapa tahun kemudian, Merriam, putri mereka juga ditemukan tewas di kamarnya. Merriam menderita gangguan kejiwaan selama bertahun-tahun sampai kematiannya.

Ketika Baron Empain Palace dibeli oleh pemerintah Mesir pada tahun 2005, tampaknya tempat ini akan dijadikan cagar budaya dan dibuka untuk umum. Namun baru dua bulan dibuka, Baron Empain Palace langsung ditutup lagi tanpa alasan yang jelas. Sekarang istana megah itu hanya dihuni anjing liar dan kelelawar.

Kabarnya sejumlah arwah penasaran juga ikut menempati rumah tua itu. Bahkan dari luar pagar kawat yang membatasi area istana, warga sekitar bisa mendengar suara-suara aneh yang kerap terdengar dari rumah itu. Kadang mereka juga melihat sosok misterius berkeliaran di halaman pada tengah malam.

Grandmaster's Palace - Malta

Grandmaster's Palace merupakan bangunan bersejarah yang sempat menjadi saksi kekuasaan Arab, Normandia, Angevines, Aragon, Castillian, dan Para Kesatria Malta. Bangunan tua nan megah ini menempati pusat kota Valletta dan disebut-sebut sebagai istana terbesar di ibukota Malta itu.

Menurut Joseph Attard, penulis buku The Ghosts of Malta, Grandmaster's Palace adalah salah satu bangunan paling berhantu Malta. Salah satu wisatawan mengaku pernah melihat seekor kucing raksasa melompat dari jendela, sebelum akhirnya menghilang begitu saja. Suasana di sekitar istana pada malam hari juga terasa menyeramkan. Aura misterius Grandmaster's Palace semakin terasa dengan koleksi baju zirah dan senjata-senjata kuno yang dipajang di dalam istana.

Palacio de la Escuela de Medicina - Meksiko

Sekarang tempat ini memiliki nama resmi Palacio de la Escuela de Medicina alias museum medis Meksiko. Namun dulunya bangunan megah di Mexico City ini adalah istana yang jadi kantor resmi Inkuisisi Meksiko. Pada masa kolonial sampai Perang Kemerdekaan Meksiko, tempat ini telah menjadi markas Inkuisisi di koloni Spanyol Baru.

Bangunan tersebut dibangun antara tahun 1732 dan 1736 dan sempat pula difungsikan sebagai pengadilan Inkuisisi sampai tahun 1820. Di tempat ini dipajang sejumlah alat peraga dari lilin yang menggambarkan anatomi tubuh manusia. Patung-patung manusia dengan tubuh yang digerogoti penyakit dan jasad janin yang diawetkan dalam larutan tentu menimbulkan perasaan ngeri bagi siapa saja yang melihatnya. Begitu juga dengan sejumlah diorama yang menampilkan berbagai metode penyiksaan di masa lalu.

Sempat menjadi tempat hukuman bagi para tahanan di masa lalu, tak heran kalau bekas istana Inkuisisi ini sekarang jadi berhantu. Kabarnya sejumlah fenomena paranormal menghantui lokasi bangunan kuno tersebut.

Palacio de Linares - Spanyol

Kalau bangunan kuno yang satu ini merupakan salah satu gedung bersejarah yang jadi kebanggaan Spanyol. Letaknya di Madrid, ibukota Spanyol. Istana ini dibangun antara tahun 1872 dan 1890 atas permintaan Marquis Linares Jose de Murga.

Sayangnya, istana megah dengan arsitektur menakjubkan itu juga dikenal sebagai tempat paling angker di Spanyol. Kabarnya istana itu ditinggali arwah sang marquis dan putrinya yang dibunuh saat masih kecil. Tragedi yang meliputi keluarga itu membuat kediaman mewah mereka terkutuk.

Menurut cerita yang beredar di tengah masyarakat, Jose de Murga nekat menikahi Raimunda Osorio, seorang gadis miskin. Hubungan dua insan itu ditentang habis-habisan oleh Mateo, ayah Jose, sebab Raimunda ternyata adalah anak haram Mateo dengan salah satu wanita di desa.

Tak mengetahui riwayat kelahiran mereka, Jose dan Raimunda menikah. Ketika mengetahui kalau mereka adalah saudara sedarah, keduanya terlanjur memiliki anak. Untuk menghindari skandal, Jose menenggelamkan Raimundita, sang putri.

Hingga saat ini arwah Jose yang tak tenang masih menghantui Palacio de Linares. Begitu juga Raimundita yang kerap terdengar menyanyikan lagu anak-anak di malam hari. Itulah istana-istana megah paling berhantu yang tersebar di berbagai negara.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
LensaTerkini
Tag : Misterius
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola