6 Alasan Senjata AK 47 Jadi Andalan Teroris di Dunia

Setiap kali kita melihat video-video propaganda terorisme siapa pun dan di mana pun itu, mereka biasanya akan suka mengacung-acungkan senjata. Dan entah ini kebetulan atau tidak, namun yang jelas senjata yang mereka gunakan itu sama, yakni AK 47. Setelah ditelusuri, ternyata memang ada alasannya kenapa para teroris kelas wahid menggunakan senjata buatan seorang pria Rusia bernama Mikhail Kalashnikov ini.

Ya, kalau dilihat dari sejarahnya, AK 47 ini memang senjata gila. Ia memiliki berbagai macam keunggulan yang membuatnya menjadi salah satu senjata tertua yang tetap bertahan hingga hari ini. Bahkan AK 47 sendiri bisa dibilang menjadi senjata serbu yang paling banyak diproduksi. Awalnya, senjata ini hanya dipakai oleh Soviet. Namun, ketika negara besar itu pecah, senjata ini pun tersebar ke seluruh dunia dan dikembangkan di banyak negara.

Senjata ini mungkin sudah membunuh jutaan orang. Si pembuatnya sendiri pernah mengungkapkan penyesalannya karena telah menciptakan senjata kematian ini. “Kalau tahu begini jadinya, lebih baik aku buat mesin pemotong rumput saja,” begitu ungkap Mikhail. Terlepas dari semua sejarah dan penyesalan si empunya, inilah ulasan dari enam alasan seputar AK 47 yang jadi senjata unggulan teroris dunia.

Murah
\

Tak dipungkiri banyak senjata hebat di luar sana, namun satu kekurangan mereka. Ya, harga per unitnya sangat mahal. Misalnya, MI6 yang harga per pucuknya bisa mencapai $673. Lalu bagaimana dengan AK 47? Ya, sudah jelas senjata ini dibanderol dengan harga yang jauh lebih murah.

Dengan harga yang sama seperti banderol M16, kita bisa mendapatkan sekitar 3-4 buah AK 47. Padahal soal kemampuan, kedua senjata ini tak terpaut jauh. Bahkan di pasar gelap, harga sepucuk AK 47 bisa lebih murah lagi. Harga yang murah ini juga jadi pertimbangan penting organisasi teroris untuk memakai AK 47 ini sebagai senjata utama.

Mematikan dan Daya Hancurnya Besar

AK 47 mungkin murah, namun soal daya hancur jangan tanya. Ia punya kemampuan yang gila. Bahkan jika dihitung dari joule atau energinya, senjata ini lebih unggul beberapa ratus poin dari senjata sekelas M16.

Senjata ini sangat efektif untuk dipakai combat jarak dekat. Ketika user bisa memperhitungkan jarak dan velocity pelurunya, ia akan mampu menewaskan dua sampai tiga orang dalam sekali tembak. Rasanya hanya dengan alasan ini saja sudah cukup bagi banyak orang untuk langsung kepincut dengan senjata satu ini.

Saingan Berat M16

M16 adalah saingan berat AK 47 sejak lama. Senjata ini banyak dipakai kesatuan lantaran memiliki banyak keunggulan. Misal salah satunya adalah akurasinya yang tinggi. Meskipun demikian, jika dibikin semacam head to head dengan Ak 47, M16 memiliki banyak kelemahan.

Misalnya soal durability dan reability, AK 47 lebih unggul. Hal ini juga diungkapkan oleh banyak tentara. Bahkan dalam perang Vietnam, pasukan Amerika membuang M16 mereka dan memunguti AK 47 dari pejuang Vietchong yang mati. Ini bukti jika AK 47 lebih unggul daripada senjata kebanggaan Amerika itu.

Bisa Dipakai di Dalam Air dan Juga Lumpur

AK 47 punya level ketahanan yang super gila. Kalau tidak demikian, tak mungkin senjata ini sampai dipakai hampir oleh semua negara-negara di dunia. Bahkan rumor mengatakan jika senjata ini bisa bertahan dalam kondisi apa pun. Lembab, kering, salju dan sebagainya.

Tak hanya itu, kengerian AK 47 adalah kemampuannya yang seakan tak terbatas. Misalnya saja kemampuannya untuk ditembakkan di dalam air. Jika senjata biasanya akan mengalami pengurangan laju atau velocity, hal ini takkan terjadi dengan AK 47. Stabil meskipun dipakai di dalam air. Bahkan rumornya, lumpur-lumpur pun takkan menghalangi sebuah AK 47 untuk memuntahkan pelurunya dengan bengis.

Sangat Mudah Digunakan

Tujuan utama AK 47 dibuat adalah agar mudah digunakan, dan memang pada kenyataannya, senjata ini bisa dibilang sebagai senapan yang paling mudah dipakai. Menurut rumor, hanya butuh sekitar satu jam sama bagi seorang pemula untuk bisa langsung menguasai senjata ini. Hal tersebut menunjukkan jika AK 47 memang punya level adaptasi tinggi, tak seperti kebanyakan senjata yang lain.

Seperti yang kamu tahu, mayoritas senjata terbuat dari baja-baja yang berat. Namun, AK 47 dibungkus dengan material yang ringan dan bahkan ada unsur kayu di bagian handle depan dan popornya. Hal ini jadi makin mempermudah user yang takkan merasa keberatan ketika memanggul dan menggunakan senjata ini.

Bisa Dibongkar dan Dibersihkan Dengan Sangat Cepat

AK 47 mempunyai mekanisme bongkar pasang yang tak rumit. Mengingat senjata ini dibuat di tahun 1947 di mana teknologi saat itu masih sederhana. Meskipun demikian, hal tersebut tidak mengurangi kemampuan mematikan senjata ini. Karena mekanisme bongkarnya yang gampang, maka tak butuh waktu lama untuk bisa merakit senjata ini mulai dari yang bagian paling kecil.

Gampangnya mekanisme bongkar ini membuat AK 47 mudah sekali untuk dibersihkan. Ya, sudah menjadi hal yang wajib bagi pemilik untuk membersihkan senjatanya jika ingin tetap akurat dan mematikan. Bagi pemilik AK 47, mereka takkan pernah khawatir soal perawatan ini. Makanya, lantaran hal ini pula, sekitar 100 juta orang di seluruh dunia sepanjang sejarah memakai senjata satu itu.

Sudah sangat jelas kenapa senjata ini jadi favorit kalau dilihat dari deretan keunggulan di atas. Digunakan sekitar 100 juta orang dan tersebar di 106 negara rasanya sudah jadi bukti yang lebih dari cukup betapa senjata ini memang memenuhi ekspektasi penggunanya. Murah, mudah, mematikan dan gila.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Tag : Gadget
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola