5 Penemu Yang Berjasa di Dunia Ini Tidak Pernah Meraih Nobel Sains

Tanpa penemu dan ilmuwan, mungkin saat ini manusia akan hidup dengan keadaan serba kuno. Bisa jadi teknologi seperti ponsel, pesawat, hingga penemuan di bidang ilmu tertentu tak akan ada hingga sekarang. Manusia akan tetap menjadi makhluk yang primitif hingga sosial media yang saat ini sedang tenar tak akan pernah bisa di rasakan.

Beruntunglah penemu-penemu ini bisa membuat banyak sekali perubahan besar pada dunia. Di tangan mereka hal-hal mustahil akhirnya dibuat nyata dan terus dikembangkan hingga sekarang. Sayangnya, jasa-jasa yang mereka dapatkan justru tak membuatnya dihargai dengan penghargaan nobel yang prestisius itu. Inilah 5 ilmuwan hewat yang tak pernah mendapat nobel sains.

Satyendranth Bose

Satyendanth Bose adalah seorang ilmuwan yang sangat hebat. Di tangannya, sebuah penemuan baru dalam dunia fisika akhirnya membantu banyak sektor di dunia modern.Dahulu kala, Bose yang merupakan ilmuwan India ini meneliti tentang adanya pergerakan partikel yang bisa dihitung dengan statistik. Akhirnya ia dengan Albert Einstein melakukan penelitian bersama dan menghasilkan sebuah penemuan berupa Bose-Einstein statistics.

Sayangnya, apa yang dilakukan oleh Bose justru tak dapat penghargaan. Di India pun banyak ilmuwan lokal justru tak menggunakan penemuannya. Padahal ia melakukan ini untuk mengangkat nama negerinya juga. Dan yang paling mengenaskan adalah komite Nobel justru menolak mentah-mentah untuk mengikutkan Bose sebagai kandidat peraih nobel dalam bidang sains.

Rosaline Elsie Franklin

Rosaline adalah seorang warga keturunan Yahudi yang hidup di Inggris. Ia dikenal sebagai orang yang mampu menggunakan sinar-X untuk melihat struktur terkecil dari DNA. Di tangan Rosaline, DNA akhirnya bisa digambarkan dengan sangat jelas. Bahkan ia juga mengembangkannya untuk RNA, virus, dan batu bara. Namanya cukup diperhitungkan kala itu meski tak banyak yang menghargainya.

Di masa lalu, komite nobel sama sekali tak ingin memasukkan wanita ini ke dalam kandidat calon penerima. Di masa lalu wanita memang selalu mendapatkan perlakuan yang sangat buruk. Rosaline salah satu orang yang menerima perlakuan itu. Padahal apa yang dilakukan oleh Rosaline adalah hal yang sangat hebat. bahkan tanpa penemuan itu perkembangan mikrobiologi tak akan berjalan dengan baik. Kita tak akan pernah tahu seperti apa bentuk DNA yang membawa banyak sekali informasi.

Fred Hoyle

Fred Hoyle adalah ilmuwan yang pertama kali memperkenalkan teori Big Bang atau ledakan besar dari bintang. Ia menemukan fakta jika hidrogen dan helium adalah partikel penting dalam setiap benda yang memiliki energi di angkasa. Ia mengungkapkan tentang adanya energi besar yang akhirnya membuat suatu bintang bisa menyala dan sangat panas. Teori-teori yang dibuat Fred adalah teori awal yang membuat penelitian luar angkasa berjalan dengan baik.

Sayangnya, saat menulis buku dengan seseorang bernama William Fowler, namanya tak ikut dalam catatan penerima nobel. Fowler justru mengajak orang lain ikut berbagi penghargaan terhebat dalam dunia sains itu. Miris sekali bukan? Padahal ia telah bekerja dengan sangat keras untuk itu semua.

Douglas Prasher

Douglas adalah orang hebat di balik berkembangnya Biologi Molekular. Ia dikenal karena pekerjaannya dalam melakukan kloning, mengelompokkan gen, dan juga green fluorescent protein (GFP). Pada tahun 1988 ia menerima sekitar  $200.000 dana dari American Cancer Society untuk melakukan kloning terhadap GFP. Ia berhasil melakukannya dan ingin mengembangkan semua penemuan ini dengan baik.

Akhirnya Douglas melakukan kerja sama dengan Martine Chalfie dan Roger Y. Tsien. Penemuan yang dikerjakan bersama akhirnya membuat dunia semakin kagum. Sayangnya, dewan nobel justru hanya memasukkan Chalfie dan Tsien sebagai penerima syah penghargaan terbesar itu. Sementara Douglas yang penemu awal hanya bisa gigit jari melihat rekannya lebih dihargai.

Nikola Tesla

Nikola tesla adalah orang yang memiliki kontribusi besar dalam bidang listrik. Ia menemukan sistem listrik AC yang berguna sekali di era sekarang. Tesla juga dikenal karena percobaannya tentang tegangan tinggi, kekuatan berfrekuensi tinggi. Salah satu penemuan yang sangat berguna dari Tesla adalah ditemukannya gelombang radio. Tanpa ia mungkin saat ini tak akan ada radio yang bisa digunakan untuk melakukan komunikasi.

Nikola juga melakukan percobaan tentang sinar-X. Ia mulai mengembangkan perangkat tanpa kabel yang saat ini sering kita gunakan. Sayangnya, dengan begitu banyak penemuan yang ditemukan, Tesla sama sekali tidak mendapatkan apa-apa. Penghargaan nobel yang prestisus itu sama sekali tak mengenai namanya.

Lima ilmuwan hebat di atas, hanyalah sebagian saja yang nasibnya tak baik. Apa yang telah mereka lakukan ternyata tak membuat dunia bersimpati. Padahal jika mereka tidak ada, hal-hal hebat di masa ini tak akan pernah ada.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola