5 Masalah Besar Bakal Menimpa Indonesia Di Masa Depan

Indonesia adalah negara berkembang yang pasti memiliki banyak sekali masalah. Beberapa masalah bahkan menjadi sesuatu yang sangat besar hingga bisa menyebabkan banyak sektor runtuh. Termasuk pemerintahan dan rakyatnya secara menyeluruh. Jika hal ini tak segera diatasi dengan baik, maka bukan tak mungkin negeri ini akan berada di zona kehancuran yang mengerikan itu.

Ngomong-ngomong, inilah 5 masalah besar yang akan menimpa Indonesia di masa depan. Semoga setelah membaca ini kita akan tahu dan berusaha untuk menanggulanginya. Mari simak ulasan dari 5 masalah yang akan terjadi di indonesia.

Mulai Berkurangnya Identitas Bangsa

Ibarat remaja, Indonesia adalah seseorang yang sedang mengalami galau level akut. Negeri ini bingung akan menjadi negeri seperti apa? Apakah negeri maritim? Pariwisata? Industri? Atau bahkan negeri yang berlandaskan Islam. Semua orang kebingungan dan akhirnya melupakan ideologi mereka yaitu Pancasila. Melupakan semua sila-sila yang ada di dalamnya termasuk bagian: persatuan Indonesia.

Saat ini semua orang terlalu sibuk mengumpulkan uang dan kekuasaan. Apa saja yang ada dalam Pancasila akhirnya hilang begitu saja. Ambil contoh saja mengenai musyawarah mufakat. Petinggi kita justru lebih banyak mencontohkan dengan adu argumen, hingga adu otot yang tak pantas dilakukan oleh seorang terhormat.

Mulai Terpecah Belah

Kita memiliki sebuah semboyan: Bhinneka Tunggal Ika. Berbeda-beda tapi tetap satu jua. Namun yang terjadi adalah perbedaan menjadi jalan menuju kehancuran. Kita ambil contoh pertama adalah masalah agama. Banyak sekali konflik agama yang ada di Indonesia. Misal pembakaran rumah ibadah. Masalah ini mungkin akan terus berlanjut, jika masih ada umat yang tak bisa menghormati umat lain.

Contoh kedua adalah dalam bidang politik. Kekuatan Indonesia terpecah menjadi dua dan hampir sama besar. Di dalam gedung DPR anda bisa melihat seperti apa kekacauan antar kubu yang ingin memenangkan semua kepentingannya. Bagaimana kasus-kasus memalukan yang mereka lakukan untuk menjadi seorang penguasa. Jika perpecahan telah menyusup di semua sektor yang penting, lantas kita bisa apa?

Perbedaan Status Ekonomi dan Kemiskinan

Disadari atau pun tidak terjadi gap yang sangat besar pada status ekonomi antar manusia atau kelompok manusia di Indonesia. Mereka yang kaya akan semakin kaya hingga susah untuk dikejar. Sementara itu yang miskin akan semakin terpuruk, hingga mungkin bisa makan sehari sekali saja adalah keajaiban. Kemiskinan di Indonesia dikatakan telah menurun, namun pada faktanya masalah kemiskinan jauh lebih kompleks dari sekadar data saja.

Permasalahan ini akan menjadikan Indonesia kacau di masa depan. Konflik dan kecemburuan sosial akan mendorong banyak hal mengerikan seperti aksi kriminal. Mungkin kita bisa berkata begini: orang miskin begitu karena tak mau bekerja, makanya hidupnya tak berubah. Namun sepertinya kita bisa berkata begini: apakah benar duit orang kaya itu hasil kerja keras? Enggak ada yang dari memakan hak orang lain?

Masalah Rusaknya Lingkungan yang Kian Parah

Indonesia memiliki masalah yang sangat serius terkait rusaknya lingkungan yang berkelanjutan. Dahulu kala Indonesia memiliki banyak sekali hutan yang masih sangat asri. Namun lambat laun hutan itu kian habis lantaran adanya revolusi industri. Perusahaan besar dengan tidak selektif membabat banyak sekali hutan. Terakhir membakarnya hingga menjadikan kabut asap yang bertahan hingga berbulan-bulan.

Masalah seperti ini akan bertahan lama di Indonesia. Tak hanya masalah hutan saja. Tata ruang kota yang tak benar juga bisa menyebabkan banjir yang mematikan, termasuk masalah sampah. Jika hal-hal semacam ini tak segera ditanggulangi, maka jangan harap Indonesia bisa maju di masa depan. Bahkan kemungkinan untuk mengalami kemunduran sangatlah besar.

Pendidikan dan Kesehatan

Pendidikan adalah masalah yang sangat krusial di Indonesia. Banyak sekali penduduk yang tak mendapatkan pendidikan yang layak karena masalah dana. Selain itu untuk beberapa daerah pelosok, pendidikan yang bagus belum merata sampai di sana. Jika hal semacam ini tak segera ditanggulangi Indonesia akan semakin susah dalam bersaing. Apalagi mulai 2016 sudah diberlakukan Masyarakat Ekonomi Asean. Jika Indonesia tak membenahi sumber daya manusianya bisa jadi negeri terbesar di kawasan Asean akan ambruk.

Begitu pula dengan masalah kesehatan. Jika hal semacam ini masih semrawut seperti sekarang. Pelayanan yang buruk dan selalu membeda-bedakan pasien. Akan membuat Indonesia semakin terpuruk. Bahkan semakin tidak dihargai sebagai negara. Hal ini bisa dilakukan oleh negara lain dan juga warga negaranya sendiri. Bukankah itu sangat miris?

Demikianlah 5 masalah besar yang pasti akan menimpa Indonesia di masa lalu. Meski umumnya kita akan menuntut kinerja pemerintah, namun negara ini juga berdiri atas sumbangsih masyarakatnya. Nah, apakah kita siap berbenah demi stabilitas negeri ini dari ancaman masalah-masalah di atas?

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
LensaTerkini
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola