5 Gempa Bumi Misterius Ini Tak Diketahui Asal-Usul Penyebabnya

Gempa bumi biasanya terjadi karena pergeseran kerak bumi. Namun ternyata beberapa kejadian gempa bumi yang tercatat justru terjadi bukan karena fenomena ini.

5 fenomena gempa berikut ini ternyata justru terjadi karena hal-hal yang masih bersifat misterius. Hingga saat ini, masih belum diketahui apa yang menyebabkan bumi bergetar dan membuat panik masyarakat. Mari simak ulasan dari lima gempa bumi paling misterius yang pernah terjadi di dunia.

Retakan Wyoming

Wyoming tengah selama ini dianggap sebagai tempat yang relatif tenang dari goncangan seismik atau gempa. Namun pada tahun 2013, terjadi gempa bumi terdalam yang pernah tercatat. Jika kebanyakan gempa bumi terjadi di lapisan kerak bumi, gempa ini malah muncul dari mantel bumi sejauh 75 km dari permukaan bumi.

Pada tahun 2015, fenomena geologi aneh kembali muncul yang mengakibatkan munculnya retakan raksasa. Retakan yang berukuran 15 x 685 meter ini menganga lebar di tengah pegunungan Bighorn begitu saja. Ahli geologi percaya bahwa formasi ini diakibatkan karena tanah longsor, namun penduduk mengkhawatirkan adanya letusan gunung.

Tangan Makhluk

Pada tahun 2015, para backpaker Barat telanjang di Gunung Kinabalu dan menghina kuil dan tempat penyucian lokal. Gunung di Malaysia ini dipercaya merupakan tempat tinggal bagi jiwa-jiwa yang telah mati dan penduduk khawatir tindakan ini akan menimbulkan gempa bumi yang mematikan.

Banyak orang kemudian membagikan foto cahaya gunung biru yang misterius sebagai bukti bahwa dewa telah marah. Warga Malaysia kemudian juga terkejut ketika beredar foto yang mengabadikan penghormatan kepada anggota penyelamat gempa bumi. Dalam foto tersebut, terdapat dua tangan hitam yang dipercaya sebagai “makhluk” yang ikut muncul dalam foto.

Makhluk Buas

Pada 21 Oktober 2015, stasiun seismik di Gunung Kultieth mencatat adanya gelombang getaran aneh selama 8 menit pada alat pendeteksi gempa. Namun tiba-tiba saja gelombang tersebut berhenti meskipun tidak ada kegiatan tektonik yang terjadi pada saat itu.

Salah seorang saksi mengatakan bahwa ada sesuatu yang besar bergerak di sana sebelum data gelombang tersebut berhenti tercatat. Tim perbaikan kemudian menemukan tanda bekas gigitan dan cakaran di peralatan serta kabel-kabel yang digali dari tanah yang beku. Melihat kekuatannya, para peneliti tidak yakin bahwa makhluk tersebut adalah beruang dan mereka berharap bukan makhluk yang lebih berbahaya lagi.

Cahaya Gempa

Kabarnya, sebelum terjadi gempa besar di New England tahun 1727, muncul cahaya terang bergulung dari kejauhan. Kilatan cahaya tersebut menganggu angin dan kemudian diikuti dengan munculnya petir yang samar namun kemudian membesar perlahan seperti suara mengaum. Salah seorang warga mengatakan bahwa sebuah bola cahaya muncul dari tanah dan menancap serta menggetarkan anjingnya sehingga ia menyalak.

Para pendeta yang ketakutan dengan cahaya tersebut dan mengatakan bahwa itu adalah peringatan bagi seluruh masyarakat untuk memohon ampun dan menyembah Tuhan. Gempa bumi kemudian terjadi dan muncul retakan-retakan besar yang berbau belerang dan meracuni sumur-sumur.

Ledakan Misterius

Pada gempa bumi di Charleston tahun 1886, para saksi mata mengaku mendengar suara ledakan keras seperti meriam. Suara itu kemudian terus muncul selama beberapa minggu di udara dan menggetarkan tanah selama setengah jam.

Gempa awalnya mencapai kekuatan 7.0 SR, sebuah gempa yang sangat dahsyat bagi sebuah kota yang belum pernah memiliki catatan seismik dalam sejarah. Penduduk yang masih merasa tegang dan shock berpendapat jika rentetan ledakan sebelumnya yang menimbulkan gempa bumi tersebut meski mereka tidak pernah menemukan lokasi ledakannya.

Dunia ini memang masih mengandung begitu banyak misteri. Sampai saat ini, belum ada yang bisa menjelaskan tentang fenomena cahaya gempa, atau misteri-misteri seputar gempa yang tidak terjadi karena pergeseran kerak bumi ini.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
LensaTerkini
Tag : Misterius
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola