5 Agen Ganda Tersukses Yang Bikin Anda Takjub

Agen ganda adalah orang yang bisa melakukan misi untuk dua belah pihak tanpa diketahui oleh siapa pun. Misi utamanya adalah membuat kebaikan, namun beberapa agen ganda juga ada yang membuat situasi jadi semakin rumit. Mereka memanfaatkan kesempatan untuk mengeruk untuk sebesar-besarnya dari dua belah pihak.

Dalam dunia fiksi kita mengenal seorang agen ganda hebat bernama Severus Snape dalam film Harry Potter. Dalam film animasi kita mengenal seorang bernama Uchiha Itachi yang berhasil menjadi agen ganda hingga akhirnya hayatnya. Di dunia nyata, agen ganda jumlahnya sangatlah banyak. Namun beberapa agen ganda ini dikenal sangat hebat hingga kiprahnya dikenang sampai sekarang. Mari simak 5 kisah agen ganda paling sukses di dunia.

Juan Pujol Garcia

Jual Pujol Garcia adalah sesepuh dari agen mata-mata di seluruh dunia. Kemampuannya untuk menyamar dan menjadi agen tidak main-main. Selama bertahun-tahun ia telah menjadi agen ganda dari Inggris dan Jerman tanpa diketahui oleh siapa pun. Bahkan saking berjasanya kepada dua belah pihak ia mendapatkan tertinggi dari militer Inggris dan Nazi yang kala itu masih dikuasai oleh Hitler.

Garcia mudah sekali membohongi orang di Jerman, bahkan Hitler sekali pun percaya dengannya. Ia dianggap sebagai aset berharga bagi Jerman dan dikirim untuk memata-matai Inggris. Apa yang dilakukan oleh Juan membawa banyak sekali perubahan besar dalam situasi perang antara Inggris dan Jerman. Tanpa pria ini mungkin Eropa akan semakin kacau.

Kim Philby

Kim Philby adalah seorang agen ganda yang dimiliki oleh Kerajaan Inggris. Saat masih mudah ia ditugaskan ke Uni Soviet (Rusia) dan masuk ke dalam pasukan mata-mata. Di sana ia sangat dihormati karena memberikan banyak sekali informasi yang berharga bagi Uni Soviet. Bahkan saat perang dunia ke-II terjadi dia menjadi seseorang yang dikenal loyal dengan Uni Soviet. Bahkan istri pertamanya pergi karena menganggapnya terlalu komunis dan tidak sesuai lagi dengan keyakinannya.

Apa yang dilakukan oleh Kim benar-benar membuat Rusia menjadikannya orang yang penting. Semua informasi diberikan padanya tanpa ditutup-tutupi lagi. Setelah perang usai ia kembali lagi ke Inggris dan harus menikmati sisa hidupnya yang agak kelam karena ditinggalkan banyak keluarga dan kerabat dekat.

Aldrich Ames

Jika dua agen di atas adalah contoh agen ganda yang baik. Maka berbeda dengan Aldrich. Ia adalah agen ganda yang memanfaatkan banyak sekali keuntungan dari dua belah pihak. Awalnya ia menjadi anggota CIA meski tak begitu hebat. terlebih ia memiliki gangguan pada kebiasaan minum dan judi hingga menghasilkan banyak sekali utang. Akhirnya ia memutuskan untuk menjual informasi hebat yang ada di Amerika kepada Rusia yang secara diam-diam merekrutnya.

Aldrich membocorkan banyak sekali informasi yang sangat penting bagi CIA ke Rusia. Berkat infonya ini Aldrich mendapatkan ganjaran berupa uang sebesar $4.6 juta. Ia juga membocorkan siapa saja agen CIA yang ada pada tubuh Rusia hingga semuanya ditangkap lalu dibunuh. Sialnya, Aldrich justru ditangkap oleh CIA hingga harus menerima hukuman yang sangat berat berupa penjara seumur hidup.

Arthur Owens

Arthur Owen awalnya bekerja sebagai seorang teknisi pada sebuah kapal laut. Ia bekerja dengan membuat baterai pada angkatan laut Inggris dan Jerman. Ketika perang dunia ke-II terjadi ia akhirnya menawarkan diri pada Jerman untuk menjadikannya agen mata-mata. Ia memberikan banyak sekali informasi kepada Jerman tentang strategi apa saja yang ada di Inggris dan siapa saja agen mereka yang ada di tubuh Jerman.

Setelah lama di Jerman, Arthur akhirnya mengontak pimpinan agen rahasia di Inggris. Ia menawarkan diri menjadi agen ganda. Setelah melalui perundingan yang sangat hebat akhirnya mereka menyetujui permintaan Arthur. Akhirnya kasus mencuat tentang adanya agen ganda. Inggris menolak mengatakan jika Arthur adalah agen mereka. Ia bekerja untuk dirinya sendiri untuk mendapatkan keuntungan bagi dua belah pihak. Arthur akhirnya dipenjara hingga perang usai lalu dibebaskan dengan ganti rugi berupa uang karena telah memenjarakannya.

Eddie Chapman

Eddie Chapman pernah menjadi agen ganda dengan code name ZigZag. Ia awalnya hanyalah seorang penjahat yang sering sekali melakukan penjarahan. Namun saat dipenjara Nazi menginvasi daerah tempat ia mendekam dan mengeluarkannya. Ia akhirnya dijadikan agen rahasia Nazi karena dianggap memiliki bakat yang sangat baik dalam bidang mengorek informasi dari Inggris ke Jerman.

Setelah memperoleh banyak info ia akhirnya menghubungi Inggris untuk menjadikannya agen ganda. Dan benar saja permintaan itu disetujui. Eddie melakukan hal-hal yang cukup hebat atas bantuan Inggris. Bahkan ia mendapatkan penghargaan tertinggi dari militer Jerman berupa Iron Cross. Eddie adalah satu-satunya orang Inggris yang mendapatkan penghargaan prestisius itu.

Inilah lima orang hebat yang berhasil menjadi agen ganda. Totalitas mereka saat bekerja membuat lima orang ini layak dijuluki sebagai agen mata-mata terhebat sepanjang sejarah manusia. Meski ada beberapa yang bekerja untuk kesenangannya saja.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola