4 Alasan Indonesia Perlu Pindahkan Ibukota ke Wilayah lain

Kota Jakarta sebagai ibukota Indonesia adalah kota yang sangat padat penduduk. Tidak hanya itu saja, sebagai pusat pemerintahan, Jakarta ternyata juga kerap menghadapi masalah seperti kemacetan dan banjir musiman yang kerap mengganggu kelancaran aktifitas pemerintahan.

Wacana pemindahan ibukota juga kerap terdengar dan menimbulkan pro dan kontra. Namun sebenarnya dengan beberapa alasan seputar perpindahan ibukota indonesia ke wilayah lain.

Memeratakan Pembangunan

Jakarta dan pulau Jawa memiliki sarana dan prasarana yang cukup memadai karena pembangunan yang terus digalakkan. Meski begitu masih banyak daerah dan pulau lain yang belum merasakan pembangunan yang memadai seperti di pulau Jawa.

Dengan memindahkan ibukota ke wilayah lain atau pulau lain, maka diharapkan pembangunan di daerah tersebut juga semakin berkembang. Sehingga wilayah Indonesia lain selain pulau Jawa juga bisa menjadi lebih maju dan lepas dari ketertinggalan. Dengan demikian, pembangunan juga bisa menjadi lebih adil dan tidak hanya terpusat di Jawa saja.

Mengatasi Masalah Tata Kota

Tata kota adalah hal yang perlu diperhatikan dalam membangun sebuah kota. Ketika pusat pemerintahan dipindah ke wilayah lain, maka Jakarta akan memiliki kesempatan untuk menata ulang kembali tata kotanya sehingga bisa menjadi kawasan kota yang kondusif.

Tidak hanya itu saja, dengan dipindahkan ke wilayah yang baru, pemerintah akan memiliki kesempatan untuk membangun sebuah ibukota dengan tata kota yang lebih rapi dan tertata. Sehingga seandainya jumlah pendatang ke ibukota terus bertambah, hal ini bisa diantisipasi sejak awal dengan merencanakan pembangunan yang baik agar tidak menimbulkan kemacetan atau kesemrawutan di kemudian hari.

Memeratakan Penduduk

Jakarta telah kian padat dengan banyaknya pendatang baru yang berusaha mencari pekerjaan. Sebagai pusat pemerintahan dan bisnis, Jakarta dinilai mampu memberikan kesempatan kerja bagi para pendatang.

Dengan memindahkan ibukota ke wilayah lain, maka kepadatan penduduk akan bisa diarahkan ke daerah yang lainnya. Masyarakat bisa berusaha mencari kesempatan kerja di ibukota yang baru sehingga penyebaran penduduk juga semakin merata dan tidak hanya terpusat di Jawa saja.

Membantu Pertumbuhan Ekonomi

Selama ini pusat pemerintahan dan ekonomi terkesan terpusat di pulau Jawa. Gedung-gedung perkantoran juga lebih banyak ditemukan di Jawa daripada daerah lainnya sehingga perekonomian di Jawa mampu berkembang dengan lebih pesat. Namun lain halnya dengan wilayah luar pulau Jawa.

Dengan memindahkan pusat pemerintahan ke pulau lain seperti Kalimantan atau ke wilayah Indonesia Timur, setidaknya pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut juga akan ikut berkembang. Asalkan konsep pembangunannya dirancang dengan baik dan berkualitas, maka pemindahan ibukota ini bisa menjadi jalan bagi wilayah Indonesia Timur untuk bangkit dan semakin berkembang.

Memang bukan pekerjaan mudah untuk memindahkan ibukota begitu saja. Butuh persiapan dan menentukan kota mana yang cocok menjadi pusat pemerintahan yang baru. Tapi jika hal ini bisa dilakukan untuk mengembangkan dan menumbuhkan wilayah luar pulau Jawa, wacana ini tentu layak untuk dipertimbangkan. Hal ini tidak lain demi keadilan dan pemerataan di seluruh wilayah Indonesia. Namun, pembangunan juga perlu direncanakan dengan matang agar tidak merusak lingkungan bumi Indonesia ini.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
LensaTerkini
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola