10 Pohon Teraneh Yang Tumbuh di Alam Dunia

Di alam ini banyak terdapat pepohonan yang beragam jenisnya, apalagi di hutan yang belum pernah dijelajahi orang,  Namun dari banyaknya jenis pepohonan di dunia ini ada terdapat berbagai pohon yang tak wajir yakni 10 pohon dengan bentuk aneh di dunia.

Pohon Botol (Namibia)

Pohon Botol dari Namibia adalah salah satu pohon paling mematikan di Bumi. Getah dari pohon ini sangat beracun dan biasa digunakan sebagai racun pada ujung anak panah oleh pemburu jaman dulu.

Pohon ini dinamakan Pohon Botol karena bentuk dari batangnya dan biasa bertumbuh di daerah pegunungan, yang membuat pemandangan di gurun Namibia sedikit unik. Bunga dari Pohon Botol ini sangat indah, biasanya berwarna merah muda atau putih dengan warna merah di tengahnya.

Pohon Wawona (Amerika Serikat)

Pohon Wawona dulunya bernama Coast Redwood yang berlokasi di Mariposa Grove, Taman Nasional Yosemite di Amerika Serikat dan telah dibuat menjadi terowongan. Pohon ini dipotong pada tahun 1881, dan sejak saat itu telah menjadi atraksi bagi para turis. Pohon Wawona tumbang pada tahun 1969 karena tumpukan salju di atasnya. Pohon ini diperkirakan berumur 2,300 tahun.

Teapot Baobab (Madagaskar)

Pohon menakjubkan ini telah menghiasi Madagaskar selama lebih dari 1,000 tahun. Tipe pohon Baobad ini adalah spesies yang terancam punah. Banyak dari pohon ini mempunyai tinggi lebih dari 80 meter dan diameter pohonnya bisa mencapai 25 cm.

Batang dari pohon ini merupakan tempat penampungan air pada musim kering. Saat mekar, bunga dari pohon ini hanya bertahan selama 24 jam. Bunga ini digambarkan pada mata uang Madagaskar sebesar 100 Franc.

Pohon Kapas Sutra dari Ta Prohm (Kamboja)

Pohon ini benar-benar menakjubkan untuk dilihat dan harus dikunjungi saat berada di daerah Asia Tenggara. Pohon ini merupakan daya tarik utama dari kuil Ta Prohm. Akar dari pohon ini melingkupi kuil kuno dan batangnya tumbuh mencapai ketinggian yang mengagumkan. Kuil ini adalah salah satu warisan dunia yang dilindungi oleh UNESCO.

Hyperion (California)

Hyperion adalah pohon redwood dari California dan pohon tertinggi di Bumi. Pohon ini biasanya hidup selama 1200-1800 tahun. Hyperion setinggi 115 meter dan berdiameter hampir 9 meter. Ini berarti Hyperion jauh lebih tinggi dari Patun Liberti.

Diperkirakan lebih dari 95 persen pohon redwood sudah ditebang dan status dari pohon ini dalam keadaan rawan.

Pohon Palem Pejibaye (Costa Rica dan Nicaragua)

Pohon ini ada di Amerika Tengah dan Selatan, meskipun paling banyak ditemukan di Costa Rica dan Nicaragua. Pohon Palem Pejibaye dilengkapi duri hitam yang melingkar dari bawah hingga ke bagian atas batang pohon. Pohon ini biasa bertumbuh mencapai sekitar 20 meter. Daun pohon ini bisa bertumbuh hingga sepanjang 3 meter. Penduduk Amerika asli biasanya memakan buah pohon ini setelah difermentasikan.

Pohon Bengkok Hutan Gryfino (Polandia)

Ada lebih dari 400 pohon aneh ini di dekat Gryfino, Polandia Barat. Pohon ini tadinya disangka bengkok karena buatan tangan manusia, meskipun tujuan utamanya tidak diketahui. Banyak yang bilang kalau pohon ini dibuat bengkok untuk dibuat menjadi furnitur, kerangka perahu, atau bajak kerbau. Sampai sekarang siapa yang menumbuhkan pohon ini masih menjadi sebuah misteri.

Sunland Baobab (Afrika Selatan)

Sunland Baobab adalah pohon dekat Modjadjiskloof, Provinsi Limpopo, Afrika Selatan, yang dibuat menjadi sebuah bar. Pohon ini aslinya berongga dan pada tahun 1993, sebuah bar kecil yang bisa menampung 15-20 orang didirikan disana.

Pohon ini merupakan salah satu Pohon Baobab tertinggi di Afrika Selatan dan pohon terlebar di seluruh Afrika. Diameter pohon ini sekitar 47 meter dan tinggi 20 meter. Pohon ini juga merupakan salah satu pohon tertua di dunia berumur lebih dari 6000 tahun.

Pohon Burmis (Kanada)

Pohon Burmis adalah pohon pinus dekat Alberta, Kanada. Pohon ini masuk ke dalam daftar karena pohon ini pernah mati pada tahun 1970 dan masih berdiri tanpa adanya tanda-tanda pembusukan. Pohon ini diperkirakan berumur 600-750 tahun saat mati.

Pohon ini tumbang karena angin pada tahun 1998 dan penduduk lokal mendirikannya kembali. Beberapa tahun kemudian, seseorang mematahkan salah satu dahan pohon ini dan penduduk lokal memasangnya kembali. Pohon Burmis ini merupakan salah satu pohon yang paling banyak difoto di dunia.

Pohon Kehidupan (Bahrain)

Pohon ini diperkirakan berumur 400 tahun dan mempunyai tinggi sekitar 9,75 meter. Pohon ini tidak biasa karena dikelilingi gurun, dan pohon ini satu-satunya pohon yang ada di sekitar wilayah itu. Pohon ini dapat tumbuh tanpa adanya sumber air, hal itu diperkirakan karena pohon ini punya akar yang sangat dalam mencapai sumber air di bawah tanah.

Pohon ini menarik perhatian turis seluruh dunia, hampir 50,000 orang berkunjung setiap tahunnya. Penduduk lokal percaya kalau tempat berdirinya pohon itu adalah lokasi asli dari Taman Eden. Pohon ini dilindungi oleh UNESCO.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
LensaTerkini
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola