10 Kota Terbersih Dan Ternyaman di Dunia

Tempat yang tersedia fasilitas internet mungkin akan kalah nyaman dengan tempat yang bersih. Siapa juga yang mau berada di lingkungan yang kotor terlebih jorok. Selain karena tidak nyaman, tempat yang kotor itu bisa menjadi sarang penyakit bukan?

Ngomong-ngomong soal tempat yang bersih, kamu tahu tidak kalau di dunia ini ada beberapa kota yang menyandang gelar sebagai “kota terbersih di dunia”. Penasaran kota apa saja itu? Ya sudah kita langsung saja simak selengkapnya di bawah ini yuk di 10 kota dengan lingkungan paling bersih di dunia.

Calgary, Kanada

Calgary adalah kota terbesar yang ada di Kanada berdasarkan jumlah penduduknya. Kota ini terletak di provinsi Alberta, tepatnya di kawasan kaki bukit. Kota terbesar di Kanada ini masuk ke dalam jajaran kota yang paling bersih di seluruh dunia.

Pada tahun 2014, Mercer Global Financial merilis daftar 10 kota paling besar, dan kota Calgary menduduki peringkat paling atas. Bukti kenapa kota ini begitu bersih adalah adanya peraturan yang mengharuskan membayar denda seribu dollar untuk penduduk yang membuang sampah dari jendela mobil.

Zurich, Swiss

Tak hanya Calgary, Zurich yang merupakan salah satu kota di Swiss ini juga merupakan kota yang sangat bersih. Maka dari itu, Zurich yang menduduki peringkat kedua sebagai kota terbersih di dunia ini, begitu sukses menarik banyak wisatawan dari seluruh penjuru dunia.

Pemerintah setempat memang sangat peduli akan kebersihan kotanya. Para penduduknya dididik untuk mendaur ulang sampah yang benar, menggunakan produk daur ulang dengan efisien, dan mengurangi jumlah konsumsi energi kota.

Luxemburg, Grand Duchy of Luxembourg

Luxemburg adalah salah satu negara terkecil yang ada di Eropa. Namun meskipun begitu, pada tahun 2015, kota ini berhasil menduduki peringkat ketiga dalam daftar kota terbersih di dunia. Tentunya ada usaha yang keras dari pemerintah dan penduduk agar kota ini bisa mendapat julukan tersebut.

Salah satu cara pemerintah untuk meningkatkan kebersihan kotanya adalah dengan pajak tahunan kendaraan yang ada di sana. Besarnya iuran yang dikenakan untuk setiap kendaraan adalah berdasarkan jumlah karbondioksida yang dihasilkan dari kendaraan tersebut.

Adelaide, Australia

Sebuah kota yang ada di Australia ini, juga masuk ke dalam golongan kota yang paling bersih di dunia. Sama seperti kota-kota lainnya, semua orang yang menginjak tanah Adelaide tidak boleh membuang sampah sembarangan. Beruntung, kesadaran penduduknya akan kebersihan juga cukup tinggi.

Selain itu, pemerintah juga mengeluarkan peraturan dimana kendaraan yang dapat memberikan asap polusi dilarang untuk digunakan. Taman-taman pun dibangun dengan jarak yang berdekatan. Waah, kebayang banget deh gimana sejuknya udara di sana.

Singapura

Siapa juga yang tidak tahu dengan negara yang satu ini. Negara yang terkenal dengan ikon singa-nya ini dinobatkan sebagai kota terbersih di Asia. Wajar saja sih, karena memang hukum mengenai kebersihan yang berlaku di sana begitu ketat.

Di Singapura, menebang pohon atau sekedar mencabut tanaman tanpa izin dari pemerintah merupakan sebuah pelanggaran hukum. Tak hanya itu, di sana kita tidak boleh meludah sembarangan, karena itu juga merupakan sebuah pelanggaran hukum. Luar biasa sekali bukan?

Freiburg, Jerman

Jerman juga punya nih kota yang dinobatkan sebagai salah satu kota terbersih di dunia. Namanya adalah Freiburg, kota yang begitu rapi, bersih dan asri. Sama seperti kota Adelaide, di kota ini juga terdapat banyak taman dan kebun.

Karena terdapat begitu banyak tumbuhan yang tersebar di seluruh penjuru kota, maka Freiburg masuk ke dalam daftar kota terbersih di dunia. Pemerintah setempat juga selalu mengajak penduduknya untuk selalu menjaga kerapian dan kebersihan kota.

Kobe, Jepang

Kobe di sini bukanlah merk salah satu bahan makanan, tetapi merupakan nama sebuah kota yang ada di Jepang. Sebuah kota yang terkenal akan minuman sake-nya yang murni dan daging asapnya yang begitu lezat. Ya, itulah kota Kobe yang terletak di pulau Honshu.

Sudah bertahun-tahun kota Kobe ini masuk dalam jajaran kota terbersih di dunia. Kota ini mempunyai sistem pembuangan limbah yang paling efisien. Selain itu, akan selau ada kampanye yang dijalankan, guna menyadarkan penduduk kota ini akan kebersihan lingkungan dari polusi.

Vienna, Austria

Kota Vienna yang ada di Austria ini mempunyai sistem transportasi yang sangat baik dalam mengurangi polusi. Kota ini juga memiliki sistem yang efisien untuk menghasilkan energi dari limbah. Penduduknya juga memiliki kesadaran yang tinggi akan kebersihan lingkungan.

Dari sekian alasan tersebutlah, kota Vienna pun masuk dalam daftar kota terbersih di dunia. Kota yang memiliki populasi sekitar 18 juta jiwa lebih ini, terlihat begitu bersih dan terawat. Siapa juga yang tidak tertarik tinggal di tempat ini bukan.

Stockholm, Swedia

Stockholm adalah ibu kota sekaligus merupakan kota terbesar di Swedia. Tak hanya itu, kota ini juga menjadi salah satu kota terbersih di dunia. Ada begitu banyak alasan mengapa kota ini dinobatkan seperti itu.

Salah satunya karena Stockholm memiliki jumlah industri yang lebih sedikit. Polusi di sini tidak terlalu banyak, karena sistem transportasi umumnya sangat baik. Belum lagi sampah-sampah yang berasal dari rumah tangga dikumpulkan melalui jaringan terowongan bawah tanah, yang nantinya akan didaur ulang.

Oslo, Norwegia

Sebuah kota yang terletak di jantung Eropa ini pun tak mau kalah dengan kota-kota lainnya yang masuk dalam daftar kota terbersih di dunia. Pemerintahnya memiliki kebijakan yang begitu ketat dalam pengelolaan sampah. Penduduknya pun tak ada yang berani melanggar peraturan tersebut.

Ibu kota dari Norwegia ini, memiliki lahan hijau yang begitu luas. Kota ini pun sangat bebas polusi, bersih dan pastinya sangat nyaman untuk berjalan kaki di sini. Pada tahun 2007 lalu, kota ini juga masuk dalam daftar kota terhijau di dunia.

Keren banget kan kota-kota tadi. Sudah bersih, nyaman pula. Wajar saja deh kalau para wisatawan dari mancanegara begitu tertarik berwisata ke sana. Mau kotamu ramai dikunjungi wisatawan mancanegara juga? Ayo, jaga kebersihan kota mulai dari sekarang yaaa!

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola